Selasa, 19 September 2017

market-outlook  Market Outlook

Wall St. Pekan ini: Menanti Sikap Bernanke

Senin, 17 Juni 2013 10:49 WIB
Dibaca 657

Monexnews - Bursa saham Amerika Serikat akan memulai pertengahan bulan Juni dengan memfokuskan diri pada aksi bank sentral. Federal Reserve dijadwalkan menggelar pertemuan untuk mendiskusikan trend kemajuan ekonomi domestik. Adapun Gubernur Ben S. Bernanke siap memaparkan hasil mufakat meeting pada hari Rabu besok (19/06).

Pasar saham Amerika bergejolak sejak akhir bulan lalu, ketika pimpinan the Fed menyatakan rencana penghentian stimulus dalam beberapa pertemuan ke depan. Respon pelaku pasar terhadap istilah 'beberapa pertemuan' didefinisikan sangat beragam, ada yang menilai dalam waktu dekat dan ada pula yang menganggapnya masih lama atau setelah tahun 2013 berakhir. Terlepas dari berbedanya persepsi investor, kinerja Wall Street memang kurang menggembirakan di tengah membaiknya rilis data ekonomi dalam negeri.

Pengamat dan ekonomi tidak melihat adanya perubahan kebijakan dari pertemuan the Fed pekan ini. Kalaupun ada, skalanya hanya bersifat minor dan belum menggambarkan penghentian stimulus yang sesungguhnya. CNN melakukan jajak pendapat terhadap 39 ekonom dan pakar investasi tentang langkah bank sentral selanjutnya. Hampir dua per tiga responden mengatakan tidak percaya jika program pembelian obligasi dihentikan sebelum akhir Desember 2013. Sementara sebagian lainnya memperkirakan stimulus baru akan dihentikan di tahun 2014.

Selain pernyataan sikap bank sentral, investor pekan ini juga disajikan oleh rilis beberapa data ekonomi dari tiga sektor kunci, yaitu:

- Data perumahan: laporan housing starts dan building permits akan dirilis hari Selasa waktu Amerika (18/06). Kemudian diikuti oleh pengumuman data existing home sales dan MBA mortgage index di hari Kamis (20/06).

- Data manufaktur: laporan Empire Manufacturing muncul pada hari Senin (17/06) kemudian disusul oleh crude inventories dua hari kemudian (19/05).

- Data tenaga kerja: Klaim awal pengangguran atau initial claims keluar pada hari Kamis (20/06).

Pekan lalu ketiga indeks utama ditutup pada level lebih rendah dibandingkan satu minggu sebelumnya. Dow Jones dan S&P 500 turun lebih dari 1% sementara Nasdaq merugi 0.9%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar