Jumat, 24 November 2017

market-outlook  Market Outlook

WGC: Permintaan Emas India Lesu, China Stabil

Kamis, 14 Februari 2013 13:55 WIB
Dibaca 988

Monexnews - World Gold Council (WGC) hari ini mengutarakan proyeksinya terhadap pergerakan harga dan permintaan emas dari konsumen-konsumen utama dunia. 

Volume permintaan dari India diprediksi stagnan di kuartal I 2013 karena adanya kenaikan bea impor di negara itu. Dalam laporan Gold Demand Trends yang dirilis oleh WGC hari ini, puncak permintaan sudah terjadi bulan lalu saat investor dan berbagai kalangan memborong logam mulia sebelum aturan baru diberlakukan. Penguatan jumlah permintaan dari 4% menjadi 6% merupakan puncak arus jual beli kala itu. "Dalam beberapa kuartal ke depan, pembelian mereda sementara waktu namun India tetap menjadi konsumen nomor satu," ulas WGC dalam laporannya. Jumlah permintaan dari India diperkirakan mencapai 865 hingga 965 metrik ton. Pada tahun 2012 lalu, permintaan emas dari negara ini adalah sebesar 864.2 ton atau lebih rendah 12% dibanding catatan tahun 2012.

Sementara volume permintaan emas dari China diprediksi meningkat secara stabil di tahun 2013 berkat iklim percepatan ekonomi di negara ekonomi terbesar Asia itu. "Sinyal perbaikan ekonomi berdampak bagus bagi pasar emas China, walaupun efeknya lebih kepada stabilitas permintaan dan bukan pertumbuhan demand secara pesat," ulas WGC. China akan tetap menjadi konsumen terbesar ke-dua dunia di tahun 2013, dengan estimasi permintaan sebesar 780 hingga 880 metrik ton atau lebih banyak dibanding total permintaan tahun lalu sebesar 776.1 ton (0.5% di bawah permintaan 2011). Pada tahun 2012 permintaan untuk emas menurun seiring perlambatan ekonomi di negara itu. Harga emas saat ini terpantau di $1643.50 per ons. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar