Minggu, 28 Mei 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Komentar Pejabat AS Angkat Dollar, Geopolitik Tetap Jadi Sorotan

Selasa, 18 April 2017 9:36 WIB
Dibaca 1275

Monexnews - Pernyataan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, mengenai nilai tukar membuat dollar mendapat momentum penguatan sejak Senin kemarin, meski demikian tensi geopolitik masih menahan laju penguatan dollar mengingat AS merupakan salah satu pihak yang terlibat ketegangan. 

Peluang Pergerakan

USDJPY
Mnuchin mengatakan kuatnya dollar berdampak buruk dalam jangka pendek khususnya untuk ekspor, namun dalam jangka panjang kuatnya dollar dapat berdampak positif. USDJPY menguat pada hari Senin pasca komentar tersebut, dan terlihat melanjutkan penguatan hari ini. Jika ketegangan antara AS dan Korea Utara mereda, USDJPY berpeluang melanjutkan penguatan, dan sebaliknya berpotensi meningkan jika ketengangan kedua belah pihak kembali terekskalasi.

AUDUSD
Rilis notula Reserve Bank of Australia berpotensi menekan turun AUDUSD hari ini. Notula tersebut menunjukkan RBA melihat pasar tenaga kerja lebih lemah dari yang diperkirakan, serta adanya risiko di sektor properti.

EURUSD
Tanpa data ekonomi dari zona euro, perhatian pasar tertuju pada perkembangan politik di Perancis. Voaltilitas EURUSD kemungkinan akan meningkat jika ada hasil polling terbaru terkait pilpres Perancis.

GBPUSD
Pasangan mata uang ini berada di level tertinggi 3 pekan. Tanpa data ekonomi dari Inggris waspadai aksi profit taking yang bisa membawa harga turun melihat pada grafik harian GBPUSD membentuk pola double top.

Emas
Momentum penguatan dollar, dan harga emas yang berada di level tertinggi 5 bulan memicu aksi profit taking pada Senin kemarin. Jika data-data ekonomi AS hari ini bagus dan dollar menguat, penurunan harga emas kemungkinan akan berlanjut.

Minyak mentah
Minyak mengalami tekanan setelah AS kembali menunjukkan tanda-tanda peningkatan produksi. Perhatian hari ini tertuju pada data stok minyak AS dari API yang akan dirilis jelang perdagangan berakhir. Minyak berpotensi melanjutkan pelemahan.

(Putu Agus)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar