Jumat, 23 Juni 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sejumlah Data Warnai Sentimen Pasar Jelang Rilis Keputusan FOMC

Rabu, 14 Juni 2017 10:19 WIB
Dibaca 1165

Monexnews - Hari ini (14/06/2017) sentimen pasar akan diwarnai oleh sejumlah rilis data sebelum fokus utama pasar pertemuan kebijakan Federal Reserve dini hari nanti.

Data output industri, penjualan ritel, dan investasi aset tetap di China akan menjadi data pembuka hari ini. Output industri China naik lebih dari estimasi di bulan April, sementara penjualan ritel berada sedikit di atas ekspektasi. Harga emas dan AUDUSD menguat tipis usai data dirilis, masing-masing diperdagangkan di level $1269 dan 0.7536.

Rilis data selanjutnya adalah indeks rata-rata upah, klaim pengangguran, dan tingkat pengangguran Inggris pukul 15.30 WIB. Indeks rata-rata upah diperkirakan tetap berada pada 2.4%, sementara klaim pengangguran diperkirakan hanya bertambah sebanyak 12,500 dan tingkat pengangguran tetap berada pada level 4.6%. Rilis data yang lebih optimis berpotensi melanjutkan rebound naik pasangan GBPUSD kembali ke level 1.2840.

Pada sesi AS, investor akan menantikan rilis data inflasi dan penjualan ritel AS, serta suplai minyak mentah mingguan oleh Energy Information Administration. Laju inflasi AS diperkirakan tetap berada di level 0.2% pada bulan Mei, sementara laju inflasi inti diperkirakan naik menjadi 0.2% dari 0.1% pada bulan sebelumnya. Penjualan ritel diperkirakan hanya naik 0.1% di bulan Mei, dan penjualan ritel inti diperkirakan naik 0.2%, keduanya melambat dari bulan sebelumnya.

Meski bukan merupakan fokus utama investor, data inflasi dan penjualan ritel AS yang apik dapat menguatkan ekspektasi berlanjutnya siklus pengetatan kebijakan oleh the Fed di tahun ini, yang mana akan memicu penguatan dollar.

Rilis data suplai minyak mentah mingguan AS oleh EIA dapat memberikan sentimen tersendiri bagi harga minyak. Suplai diperkirakan berkurang sebanyak 2.3 juta barel menyusul kenaikan sebanyak 3.3 juta barel pada pekan sebelumnya.

Pukul 01.00 WIB Kamis dini hari, FOMC akan merilis proyeksi ekonomi, pernyataan, serta keputusan suku bunga. Sementara diperkirakan sudah hampir pasti akan menaikkan suku bunga, pasar akan menantikan pernyataan dan penilaian outlook ekonomi AS saat ini. Pukul 01.45 WIB FOMC akan menggelar konferensi pers, dan pasar akan menantikan sinyal laju pengetatan the Fed di tahun ini, serta rencana bank sentral untuk mengurangi balance sheet miliknya.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar