Jumat, 23 Juni 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sejumlah Pertemuan Bank Sentral & Data Penting akan Dirilis Hari Ini

Kamis, 15 Juni 2017 10:16 WIB
Dibaca 830

Monexnews - Usai pengumuman kebijakan FOMC yang menaikkan suku bunga AS semalam, fokus hari ini akan beralih pada pertemuan bank sentral lainnya.

Fokus pagi ini diawali oleh rilis data GDP Selandia Baru yang meski dirilis naik menjadi 0.5%, namun masih berada di bawah estimasi sebesar 0.7%. NZDUSD melanjutkan penurunannya pasca data dirilis, turun ke level 0.7230.

Sementara itu, Australia merilis data tenaga kerja pada pukul 8.30 WIB. Pekerjaan di Australia bertambah sebanyak 41,000 di bulan Mei, dan tingkat pengangguran turun menjadi 5.5% dari 5.7%. AUDUSD melesat naik usai data dirilis, menyentuh level tinggi 0.7630 sebelum akhirnya diperdagangkan di kisaran 0.7610.

Di sesi Eropa, Swiss National Bank akan mengumumkan keputusan suku bunga dan menggelar konferensi pers pada pukul 14.30 WIB. Tingkat suku bunga diperkirakan tetap bertahan pada level 0.75%, sementara SNB diperkirakan akan memberikan peringatan kesiapannya untuk mengintervensi pasar mata uang jika diperlukan, membuat USDCHF berpotensi naik.

Pukul 15.30 WIB, Inggris akan merilis data penjualan ritel, yang diprediksi menunjukkan penurunan sebesar 0.9% di bulan Mei, menyusul kenaikan sebesar 2.3% di bulan April. Angka penjualan ritel yang lebih tinggi dari estimasi berpotensi mendorong naik pasangan GBPUSD, begitu juga sebaliknya.

Usai data, Bank of England akan merilis hasil pertemuan kebijaan dan minutes pertemuan. Suku bunga Inggris diperkirakan tetap tidak berubah pada 0.25%, sementara dari 8 anggota MPC, diperkirakan hanya 1 orang yang mendukung kenaikan suku bunga. Hanya bertambahnya jumlah MPC yang mendukung kenaikan suku bunga serta pernyataan hawkish dari BOE yang dapat mendorong naik pasangan GBPUSD.

Di sesi AS, rilis data klaim pengangguran AS akan memberikan sentimen bagi pergerakan dollar usai pertemuan FOMC. Rilis data yang positif akan memicu optimisme pasar terhadap perekonomian AS dan mendorong penguatan dollar.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar