Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Zona Euro Tengah Mengalami Pemulihan Ekonomi Solid

Rabu, 13 September 2017 18:51 WIB
Dibaca 1580

Monexnews -Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker yakin perekonomian zona euro saat ini dalam kondisi sehat, demikian pernyataannya kepada Bloomberg News, Rabu (13/9).Dia menyarankan pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum ini dan ekonomi terus melaju.

Berbicara di depan Parlemen Eropa di Strasbourg, Perancis, Juncker mengatakan: “Eropa akhirnya kembali sehat, dan itu keyakinan kami.”

Data-data ekonomi zona euro yang dirilis hari ini menunjukkan perbaikan dan di atas estimasi pasar. Data inflasi Jerman bulan Agustus menunjukkan kenaikan 0,1 persen, sama dengan estimasi dan juga inflasi Juli sementara indeks harga grosir naik 0,3 persen, di atas estimasi 0,1 persen dan juga bulan sebelumnya yang malah mengalami penurunan harga -0,1 persen.

Jumlah orang yang mendapat pekerjaan di zona euro selama kuartal kedua bertambah 0,4 persen dibanding kuartal pertama, lebih tinggi dari estimasi pertambahan 0,3 persen. Jika disetahunkan maka terjadi kenaikan 1,6 persen penyerapan tenaga kerja dan terjadi kenaikan dalam 14 bulan berturut.

Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi mengatakan bahwa sebanyak 6 juta lapangan kerja telah tercipta sejak 2013. Hal ini membantu kenaikan tignkat konsumsi dan juga perekonomian Eropa. Ia yakin inflasi perlahan-lahan akan naik menuju target ECB di 2 persen.

Mata uang euro pun mengalami penguatan sejak awal tahun ini. Euro telah menguat 14 persen terhadap dollar AS dan saat ini pergerakannya menyerupai pergerakan dollar di periode menjelang Federal Reserve menaikkan bunga pertama kalinya di Desember tahun lalu.

ECB akan mengadakan pertemuan di pertengahan Oktober. Pelaku pasar meyakini bank sentral Eropa ini akan kembali mengurangi stimulus atau melakukan tapering secara bertahap hingga akhirnya menaikkan bunga di tahun 2019.

(Irdy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar