Jumat, 15 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Asia Ambruk Akibat Gejolak Politik Eropa

Selasa, 5 Februari 2013 12:08 WIB
Dibaca 485

Monexnews - Hampir semua lantai bursa di Asia hari ini (Selasa, 5/2) mengalami koreksi hingga berjatuhan akibat sentimen negatif yang dipicu oleh munculnya kembali kekhawatiran gejolak politik di Eropa yang berpotensi menghambat upaya kawasan tersebut dalam mencegah krisis utang.

Kekhawatiran mulai mencuat setelah desakan mundur terhadap PM Spanyol, Mariano Rajoy, kian menguat menyusul munculnya dugaan korupsi. Sementara polling terbaru menunjukkan mantan PM Italia, Silvio Berlusconi, kembali memperoleh dukungan menjelang pemilu bulan ini. Selain itu lemahnya data tenaga kerja Spanyol dan indeks sentimen investor zona Euro juga turut membebani mata uang tunggal.     

Anjloknya bursa Asia hari ini juga lantaran terseret oleh pelemahan Wall Street terkait buruknya data factory orders dan durable goods yang muncul lemah di bawah ekspektasi. Sehingga akumulasi sentimen negatif tersebut memicu aksi jual sekaligus profit taking setelah kuatnya rally belakangan ini.

Di perdagangan bursa Tokyo, aksi jual masif nampak mewarnai indeks utama Nikkei karena tertular oleh bursa Wall Street yang anjlok setelah buruknya dat-data ekonomi Amerika kemarin. Indeks utama Nikkei tercatat merosot -1.31% di area 11112.44 atau anjlok -147.91 poin, sedangkan Nikkei futures turut jatuh -175 poin di kisaran 11090.

Indeks Hang Seng (HSI) tumbang hingga 1.8% ke kisaran 23,257.49, sedangkan Hang Seng kontrak berjangkan (futures) juga tercatat melemah -270 poin ke area 23268. Di China, indeks Shanghai Composite ikut melorot hingga lebih dari 0.5% di area kisaran 2,418.99. 

Sementara indeks Kospi - Korea Selatan juga ikut tumbang hari ini terutama selain terbawa oleh pelemahan bursa Asia lainnya, koreksi indeks juga akibat penguatan mata uang won sehingga hal itu menekan kalangan eksportir Korea. Tercatat saham Samsung Electronics jatuh lebih dari 1%, SK Hynix produsen chip-memory tercatat merosot 2.5% dan dan Samsung Heavy Industries anjlok sekitar 2%. Indeks Kospi tercatat melemah -14.62 poin di kisaran 1938.59, dan Kospi futures terpantau melemah -1.60 poin di area kisaran 255.50.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar