Kamis, 27 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Asia Cenderung Abaikan Rebound Wall Street

Rabu, 3 April 2013 12:04 WIB
Dibaca 502

Monexnews - Secara umum sebagian besar bursa di Asia hari ini (Rabu, 3/4) nampak bergerak datar saja dan tidak mampu mengikuti jejak rebound bursa Wall Street semalam dimana indeks Dow Jones dan S&P 500 kembali mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa.

Pelaku pasar di Asia justru kini waspada dan berhati-hati menjelang dirilisnya data sektor ketenaga-kerjaan Amerika serta berita-berita yang muncul dari pertemuan-pertemuan kebijakan bank sentral di Jepang dan Eropa hari ini dan besok. Laporan nonfarm payrolls AS bulanan yang akan rilis hari Jumat lusa kemungkinan akan menegaskan pandangan pasar bahwa Federal Reserve akan terus mempertahankan kebijakan moneter yang sangat akomodatif, sehingga hal itu bakal menopang sentimen investor dan mempertajam minat pasar untuk berisiko.

Para analis memperkirakan jumlah pekerja akan bertambah sekitar 200.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran akan stabil pada 7,7 persen, masih jauh di atas target the Fed sebesar 6,5 persen. Namun sebelum payrolls di rilis, angka tenaga kerja sektor swasta yang di himpun melalui proses ADP akan muncul pada sesi hari ini kemudian di ikuti oleh klaim pengangguran mingguan hari Kamis.

Di Asia, indeks Nikkei – Jepang kembali rebound diperdagangan hari Rabu ini terutama lantaran para investor nampak bersemangat kembali untuk mengoleksi aset-aset saham seiring pasar menyambut pertemuan Bank Sentral Jepang pertama di bawah kepemimpinan gubernur baru Haruhiko Kuroda yang di mulai hari ini. Sementara mata uang yen yang cukup melemah hari ini juga turut menopang indeks melalui rally saham eksportir.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan, setelah dibuka menguat di awal perdagangan, indeks kemudian terdegradasi ke area negatif karena masalah ketegangan di Korea Utara akhirnya membatasi penguatan lebih tinggi pada Kospi, terutama setelah Pyongyang mengatakan di hari Selasa kemarin pihaknya akan terus menambah produksi senjata nuklir. Namun sebagian kalangan investor hari ini nampak optimis dengan rencana anggaran ekstra yang merupakan bagian dari paket kebijakan yang lebih luas yang ditawarkan oleh pemerintahan baru yang dipimpin oleh Presiden Park Geun-hye.

Sementara indeks bursa Hong Kong – Hang Seng sempat meraih gain yang tipis diperdagangan Asia hari ini seiring para eksportir merangkak naik berkat indeks Dow Jones dan S&P 500 di bursa Wall Street ditutup pada rekor tinggi semalam. Namun akhirnya pergerakan berangsur menyusut dan terkoreksi ke teritori negatif.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar