Kamis, 25 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Asia Rally Berkat Wall St & Data China

Rabu, 8 Mei 2013 12:12 WIB
Dibaca 303

Monexnews - Secara umum hampir semua lantai bursa saham Asia hari ini rally lantaran kalangan pelaku pasar dunia bersemangat setelah bursa saham Amerika dan Jerman mencatatkan rekor sejarah tertinggi. Dan di Asia, kalangan investor juga termotivasi oleh rilis data perdagangan China yang muncul membaik di atas ekspektasi.

Di lantai bursa Tokyo – Jepang, indeks Nikkei melaju kencang dan kian menjauh dari psikologis 14.000 terutama karena kalangan investor terinspirasi oleh bursa saham Amerika yang kembali mencatatkan rekor tertinggi. Selain itu, rally Nikkei juga terbantu oleh munculnya sentimen positif dari data perdagangan China yang di rilis membaik di atas ekspektasi.

Namun demikian penguatan yen hari ini nampak sedikit membatasi pergerakan indeks. Indeks Nikkei terpantau melonjak hingga lebih dari 1.4% dan mencatat level tertinggi pada 14421.38, setelah pada sesi sebelumnya berakhir pada level tertingginya sejak Juni 2008. Sedangkan mata uang Yen hari ini menguat hingga ke level 98.63.

Sementara indeks bursa Hong Kong – Hang Seng rally di perdagangan hari ini terutama karena terangkat oleh penguatan lantai bursa utama dunia yang mencatatkan rekor tertinggi serta berkat data perdagangan China yang di rilis membaik di atas ekspektasi. Data China menunjukkan surplus neraca perdagangan Cina naik hingga mencapai $18,16 miliar untuk bulan April, jauh di atas prediksi $15,05 miliar dan rilis sebelumnya yang mengalami defisit sebesar $880 juta.

Sedangkan tingkat ekspor China naik pesat hingga 14,7% di bulan April, dan lebih tinggi dari estimasi 10,3% dan lebih tinggi dari rilis sebelumnya 10%. Sementara angka impor China juga naik drastis hingga 16,8% di bulan April, jauh lebih tinggi dari perkiraan 13,9% dan publikasi sebelumnya 14,1%.

Membaiknya kinerja neraca perdagangan China memberikan bukti akan berlanjutnya momentum pertumbuhan ekonomi terbesar No.2 di dunia tersebut. Dan naiknya performa ekspor Cina juga memberi sinyal bahwa aktivitas ekonomi global berangsur membaik, sedangkan laju impor yang tinggi juga turut mengisyaratkan masih tangguhnya laju konsumsi perekonomian terbesar No.2 di dunia tersebut.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan hari ini juga turut rally dan bergerak di teritori positif lantaran terseret penguatan bursa regional serta termotivasi oleh data perdagangan China yang menunjukkan adanya peningkatan yang pesat. Kalangan eksportir Korea Selatan nampak bersemangat setelah nilai impor China melonjak hingga 16,8% di bulan April, karena membaiknya angka impor China tersebut memberikan harapan akan membaiknya kinerja ekspor Korea Selatan. Dan China merupakan salah satu mitra dagang utama Korea Selatan sehingga perbaikan ekonomi China dapat meningkatkan permintaan terhadap ekspor negeri gingseng tersebut.

Selain itu sektor broker nampak mengalami penguatan di lantai bursa Seoul menyusul pengumuman dari Komisi Jasa Keuangan (Financial Services Commission) yang menjelaskan berbagai cara untuk meningkatkan bisnis di sektor ini. Langkah tersebut meliputi peningkatan rasio modal bersih dan diskon biaya transaksi. Indeks utama Kospi terpantau menguat +3.49 poin dan berkisar di area 1957.84, namun indeks Kospi futures justru nampak terkoreksi -0.10 poin pada area 255.00.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar