Selasa, 28 Maret 2017

stock-index  Stock Index

ATHEX Yunani, Indeks Terbaik Eropa Tahun 2012

Rabu, 2 Januari 2013 16:45 WIB
Dibaca 539

Monexnews - Indeks utama Yunani, ATHEX mencatat penguatan 33% sepanjang 2012 atau di atas raihan gain indeks Jerman, DAX, yang hanya mencapai 29%. Bursa saham Athena memang sempat melemah signifikan di tengah isu keluarnya Yunani dari zona Euro sebelum akhirnya menutup tahun dengan perolehan gain terbesar di benua biru. Penguatan signifikan dicapai setelah pihak otoritas memastikan bantuan dana talangan segera diberikan kepada Athena sehingga indeks langsung melambung tinggi didorong oleh aksi beli.

Tidak ada yang menyangka pasar saham Athena bisa pulih dengan cepat setelah diterjang berbagai sentimen negatif, mulai dari resesi ekonomi nasional selama 5 tahun berturut-turut, rekor angka pengangguran yang tinggi, hingga kehancuran perusahaan pengemas Coca Cola, Hellenic, di lantai bursa. Namun memang demikian adanya, ATHEX menutup tahun dengan perolehan gain terbanyak di antara bursa ekuitas negeri tetangga.

ATHEX berhasil ditutup pada level 908 poin,akan tetapi level tersebut baru sekitar sepertiga dari nilai indeks dua tahun silam atau sebelum krisis menyeruak ke permukaan. Koreksi terbesar menerpa di tahun 2011, saat ATHEX kehilangan 52% akibat limpahan sentimen negatif. Sebelum akhirnya rally terjadi tahun ini akibat kabar 'kemurahan hati' pihak Troika, yang merestui peluncuran dana bailout tahap II bagi negeri dewa dewi. Otoritas bahkan memberikan perpanjangan waktu bagi pemerintah pusat untuk melunasi komitmen hutangnya. Sikap dukungan dari Jerman dan bank sentral (ECB) berhasil meredupkan isu terdepaknya Yunani dari zona Euro untuk sementara waktu.

Indeks lain yang menampilkan kinerja impresif sepanjang 2012 tak lain adalah DAX Jerman. Dengan raihan gain nyaris 30%, DAX mendapat suntikan motivasi dari performa apik saham-saham blue chips. Kenaikan tersebut bahkan dua kali lebih banyak dari apa yang didapat oleh indeks CAC 40 Prancis dan kebanyakan indeks utama Eropa. Walaupun masih terkendala oleh isu perlambatan China dan resesi di seluruh wilayah Eropa, DAX mampu menguat secara konsisten di tiga kuartal pertama 2012. Emiten-emiten yang berperan memajukan kinerja bursa kebanyakan berasal dari sektor otomotif, seperti Volkswagen dan BMW. Hal itu bisa dimaklumi karena sektor otomotif sedang menikmati momentum pemulihan daya beli konsumen dan relatif tidak terpengaruh oleh lesunya kinerja sektor finansial. Apalagi kemampuan bersaing golongan eksportir juga sedang bagus-bagusnya akibat penurunan nilai tukar Euro terhadap mata uang utama sejak krisis berlangsung.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar