Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Asia Diuntungkan Komentar Bernanke

Rabu, 27 Februari 2013 11:37 WIB
Dibaca 355

Monexnews -Sebagian besar bursa Asia bergerak naik terkait komentar pimpinan Fed, Ben Bernanke yang membantu mendorong sentimen resiko meski bursa Tokyo terlihat masih tertekan apresiasi yen. Berbicara di depan Kongres, Mr. Bernanke mengatakan bahwa program pembelian obligasi bank sentral telah membantu perekonomian dengan menjaga suku bunga tetap di level rendah. 

Pidato menginterpretasikan bahwa Mr. Bernanke masih akan melanjutkan langkah stimulus bank sentral. "Mr. Bernanke memaparkan komitmen Fed untuk melanjutkan langkah pelonggaran hingga sektor tenaga kerja membaik dan data perekonomian AS menunjukkan hasil yang positif," menurut Martin Lakos, pimpinan Macquarie's Private Wealth, Australia. Berita ini membantu penguatan sebagian besar bursa Asia setelah indeks sempat anjlok sehari sebelumnya.

S&P/ASX 200 Australia naik 0.6% dan Kospi Korea Selatan naik 0.2%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng naik 0.5%, sementara Shanghai Composite China gain 0.6%. Beberapa saham perusahaan besar Asia bergerak naik setelah merilis laporan earnings. Di Malaysia, AirAsia Bhd naik 8.0% setelah mengumumkan bahwa perolehan laba bersih kuartal empat lebih dari dua kali lipat. Earnings stellar yang merupakan maskapai penerbangan terbesar Asia Tenggara terbantu oleh naiknya biaya perjalanan, meningkatnya volume penumpang dan juga rendahnya pajak. 

Di Hong Kong, AIA Group naik 2.9% setelah perusahaan asuransi ini melaporkan kenaikan earnings sebesar 27% dalam 12 bulan hingga 30 Nov, dengan pertumbuhan yang kuat di Hong Kong, Thailand, Singapura dan Malaysia. Berlawanan dengan pergerakan bursa regional, bursa Jepang masih tertekan oleh penguatan valuta. Nikkei -0.8%. Dolar melemah terhadap yen di awal perdagangan. Greenback di Y91.77 dibandingkan dengan Y91.97 hari Selasa malam di New York dan berada jauh di bawah level tinggi hari Senin (25/02) di Y94.77. Ini benar-benar pekan yang sangat volatile bagi pergerakan saham Jepang, dimana hari Senin Nikkei sempat melambung hingga 2.4% setelah melaporkan rencana pemerintah untuk mengumumkan pimpinan Asian Development Bank, Haruhiko Kuroda sebagai gubernur Bank of Japan selanjutnya.

Namun ketidak pastian atas pemilu Italia kembali menyeret pergerakan indeks hingga turun 2.3%. Diantara perusahaan yang menjadi fokus perhatian pasar di Tokyo adalah Nissan Motor -1.4% setelah pimpinan cabang di China mengatakan kemungkinan besar penjualan di China turun 20% per tahun untuk periode Januari dan Februari. Canon -2.4% akibat profit-taking. Perusahaan menargetkan pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 7% dan 8% untuk basis lokal.

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar