Selasa, 26 September 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Asia Pulih, Dimotori Nikkei Dan Kospi

Selasa, 29 Januari 2013 10:57 WIB
Dibaca 507

Monexnews - Secara umum bursa Asia hari ini (Selasa, 29/01) berangsur pulih dari keterpurukan sesi awal pekan kemarin lantaran fokus pasar kini beralih lagi ke laporan pendapatan kuartal perusahaan serta rapat Federal Reserve AS pekan ini yang mungkin akan memberikan petunjuk mengenai rencana stimulus lanjutan.

Sentimen pasar hari ini cukup solid setelah semalam bermunculan data-data ekonomi Amerika yang membaik di atas ekspektasi seperti data Durable Goods dan indeks manufaktur dari kawasan Dallas. Dan penguatan bursa Asia hari ini dimotori oleh indeks Nikkei - Jepang dan Kospi – Korea Selatan yang di dominasi oleh rally yang solid di sektor perbankan.

Meskipun berkisar di bawah level 11.000, indeks Nikkei hari ini berhasil bergerak di angka positif terutama lantaran terangkat oleh saham KDDI Corp yang melonjak hingga lebih dari 4 persen setelah perusahaan telekomunikasi itu kemarin melaporkan bahwa net profit kuartalan-nya hampir mencapai dua kali lipat berkat lonjakan penjualan produk smartphone. Namun demikian rally indeks Nikkei nampak tersendat akibat mata uang Yen hari ini mengalami penguatan di bawah level 91.00 bila dibanding dengan sesi kemarin yang mencapai titik terlemah 91.25.

Sedangkan indeks Kospi - Korea Selatan akhirnya bermanuver positif hari ini setelah kemarin anjlok akibat aksi jual masif oleh investor asing. Rally indeks hari ini terjadi seiring fokus investor kini berubah dari mata uang beralih ke fundamental ekonomi dan laporan earnings korporasi. Sealin itu, Kospi juga terangkat oleh raksasa teknologi Samsung Electronics yang mencatat penguatan lebih dari 1,2 persen setelah selama 4-sesi beruntun mengalami kemerosotan dan kehilangan 15.9 triliun won Korea dari kapitalisasi pasar di hari Senin.

Sementara bursa Hang Seng hari ini justru bergerak di angka negatif terutama karena terseret turun saham-saham pengembang properti dan perbankan China yang melemah hari ini setelah merosotnya sebagian besar ekuiti Amerika semalam. Tercatat saham Sino Land Co. anjlok 1.2% dan New World Development Co. merosot 1.4%. Sementara saham Industrial & Commercial Bank of China Ltd. tumbang 2.4% setelah muncul kabar di hari Senin bahwa Goldman Sachs akan menjual kepemilikannya di sejumlah bank yang tercatat di Hong Kong hingga senilai $1 miliar untuk berbagi kepemilikan di bank-bank China.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar