Kamis, 30 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Asia Tunggu Rilis Data Penting

Kamis, 7 Maret 2013 13:22 WIB
Dibaca 499

Monexnews -Mencetak rekor tinggi baru di tahun 2013, bursa Tokyo mengungguli kinerja bursa Asia lain. Pasar Asia lain masih menunggu rilis data ekonomi dari China dan AS. Hari Jumat (08/03) AS akan merilis data nonfarm payrolls. Di hari yang sama, China akan mengumumkan data perdagangan untuk bulan Februari, diikuti oleh data inflasi dan hasil industri. 

Pergerakan bursa China terpantau mix menjelang data dengan indeks Shanghai Composite bergerak flat di China sementara indeks Hong Kong, Hang Seng tercatat naik 0.1%. Rilis data perekonomian AS yang positif membantu pergerakan nilai tukar dolar terhadap yen. Angka tenaga kerja untuk sektor swasta tercatat mengalami kenaikan melebihi ekspektasi untuk bulan Februari sementara pesanan barang-barang mengalami penurunan yang lebih sedikit dari ekspektasi. Data dari AS jelas-jelas positif. Rilis data AS turut memberi andil bagi pergerakan bursa Asia. Data AS dinilai mampu mengimbangi pengetatan properti yang dilakukan di China. Pasar Asia sedikit bergerak mix," jelas Shane Oliver, kepala strategi investasi dan kepala ekonom AMP Capital di Sydney. Tadi malam (06/03) dolar tercatat menguat 0.8% terhadap yen. Dolar di Y93.79, dibandingkan dengan Y94.07 hari Rabu malam di New York. Yen menguat setelah Bank of Japan memutuskan untuk mempertahankan kebijakan moneter pada akhir pertemuan dengan gubernur Masaaki Shirakawa. Keputusan bank sentral sesuai dengan ekepktasi pasar dan fokus pasar saat ini pada pertemuan selanjutnya yang akan digelar setelah Haruhiko Kuroda mengambil alih kepemimpinan bank. European Central Bank dan Bank of England dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan hari ini (07/03). Euro menguat di awal perdagangan pasar Asia menjadi $1.2989 dibandingkan dengan $1.2967 hari Rabu malam di New York, sedikit menguat dari pelemahan tadi malam sebesar 0.7%. Bursa Jepang mengawali hari ini dengan pergerakan positif. Nikkei menyentuh level tinggi baru 2013 di awal perdagangan. Pasar memangkas gain di awal terkait penguatan yen dan saat ini tercatat naik 0.4% menjadi 11.905.

Pergerakan besar di pasar Tokyo diantaranya Olympus Corp., yang melambung 5.3% setelah Nikkei melaporkan bahwa perusahaan akan memangkas bunga hutang sebesar Y100 miliar hingga bulan Maret tahun depan. S&P/ASX 200 Australia turun 0.2% setelah menyentuh level tinggi empat setengah tahun di awa perdagangan. Beberapa saham pertambangan besar tercatat masih mengalami kenaikan dengan BHP Billiton +0.1% dan Rio Tinto gain 0.8%. Sementara Kospi Korea Selatan mencatat penurunan 0.8%, tertekan oleh saham raksasa Samsung Electronics, yang turun 2.7%.

 (din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar