Kamis, 25 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Bursa China Kolaps Akibat Pengetatan Regulasi

Senin, 19 Januari 2015 22:04 WIB
Dibaca 758

Monexnews -

Indeks saham Shanghai China anjlok ke level terendahnya dalam 6 tahun terakhir di hari Senin akibat kecemasan para investor bahwa otoritas Beijing akan memperketat regulasi margin trading yang dapat menghambat periode penguatan indeks saham dalam beberapa bulan terakhir.

Indeks komposit Shanghai anjlok -7.7% ditutup di level 3116.35, sekaligus membukukan pelemahan harian terbesarnya sejak era krisis keuangan, ketika market ambruk -7.73% di bulan Juni 2008.

Pengawas sekuritas China telah men-suspend 3 broker China besar dalam membuka akun margin trading untuk kliennya dalam 3 bulan kedepan, sehingga efektif untuk menyulitkan para investor meminjam uang untuk melakukan pembelian saham.

Pihak regulator sendiri menyatakan 3 perusahaan pialang tersebut memiliki kontrak rolled over marging trading berbagai klien dalam jumlah besar dan telah melanggar regulasi yang berlaku. Alhasil penguatan saham Shanghai lebih dari 60% sejak bulan Juli yang ditopang oleh uang pinjaman terkena imbas profit taking.

Fokus selanjutnya akan tertuju pada laporan pertumbuhan GDP China selama Q4 yang diperkirakan melambat ke 7.3% sekaligus merupakan laju pertumbuhan GDP terendah sejak tahun 2009. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar