Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Eropa Jatuh Usai Penolakan Yunani

Senin, 6 Juli 2015 16:54 WIB
Dibaca 2441

Monexnews - Saham-saham Eropa melemah mengikuti kelesuan bursa Asia, setelah mayoritas rakyat Yunani menolak persyaratan penghematan yang mengiringi pemberian kelanjutan dana bailout oleh para kreditur internasional Athena. Penolakan ini membuat potensi kebangkrutan Yunani semakin tinggi, begitu pula kemungkinan terhapusnya keanggotaan Yunani dalam mata uang tunggal, Euro. Sentimen risk aversion mengental karena dikhawatirkan keluarnya Yunani dari mata uang tunggal akan berdampak buruk pada stabilitas sistem keuangan di Eropa.

Namun analis menilai, pelemahan bursa Eropa tidak seburuk yang diduga. Pengumuman mundurnya Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis sebelum pasar saham Eropa dibuka, dinilai menjadi salah satu faktor yang membatasi pelemahan. Merebak anggapan negosiasi akan berjalan lebih mulus tanpa kehadiran Varoufakis yang gaya negosiasinya dinilai menantang.

Investor kini menantikan hasil pertemuan Dewan Gubernur European Central Bank (ECB) hari ini yang akan membahas kelanjutan sistem dana bantuan darurat atau Emergency Liquidity Assistance (ELA) pasca referendum Yunani. ELA merupakan bantuan kunci yang telah menyangga perekonomian Yunani yang mendekati default.

Sampai dengan pukul 16:55 WIB, indeks FTSE Futures melemah 0,45% di level 6508, menyusul pelemahan 0,68% indeks DAX Jerman di level 10971.5. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar