Selasa, 23 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Eropa Memulai Sesi dari Level Rendah

Rabu, 25 September 2013 14:11 WIB
Dibaca 542

Monexnews - Bursa Eropa dibuka melemah pada sesi perdagangan hari Rabu (25/09). Meski demikian, ada kemungkinan indek-indeks benua biru menunjukkan kinerja beragam sepanjang hari ini karena isu global yang beredar masih soal pengurangan stimulus dan plafon hutang Amerika Serikat.

Indeks DAX 30 Jerman terpantau turun 0.1% ke posisi 8,654.99 dan CAC 40 Prancis melemah 0.2% ke level 4,189.20. Di Inggris, FTSE 100 dibuka 0.2% lebih rendah pada posisi 6,561.18 dan indeks gabungan Stoxx 600 minus 0.1% ke level 312.9. Kurs Euro kini tercatat di 1.3473 per Dollar.

Bursa Eropa rapuh karena terpengaruh oleh efek penurunan kinerja Wall Street selama empat sesi terakhir. Kekhawatiran pelaku pasar masih terpaku pada ketidakpastian proposal kenaikan anggaran Amerika. Pada hari Senin mendatang, kongres harus memutuskan apakah batas hutang pemerintah patut dinaikkan. Pelaku pasar pada umumnya berharap restu kongres dalam waktu sesegera mungkin sehingga Negeri Paman Sam bisa terhindar dari default.

Menteri keuangan Jack Lew meminta dukungan semua pihak supaya pemerintah bisa tetap beroperasi. "Semua orang harus mengerti kalau kongres hanya memiliki waktu sedikit untuk bernegosiasi," tambahnya. Kementerian keuangan hanya memiliki waktu sampai 30 September untuk bisa mengakses dana darurat yang dipakai untuk membayar beban hutang yang jatuh tempo di pertengahan Oktober. Setelah itu, kementerian hanya akan memegang dana tunai $50 miliar untuk dipakai mendanai operasional pemerintahan.

Lew sepertinya ingin memanfaatkan momen penurunan bursa saham selama empat sesi beruntun untuk menggalang dukungan. Pelaku pasar diminta lebih serius menyikapi isu ini karena efek negatifnya telah membuat indeks S&P 500 dan Dow Jones anjlok 2% dari posisi tertingginya pekan lalu. Respon investor dan ekonom diharapkan bisa memberi tekanan lebih besar kepada kongres untuk segera meneken kenaikan plafon hutang.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar