Minggu, 26 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Eropa Merah, Tensi Geopolitik Menjadi Fokus

Jumat, 8 Agustus 2014 17:32 WIB
Dibaca 741

Monexnews - Mayoritas saham Eropa diperdagangkan melemah pada hari Jumat, seiring eskalasi ketegangan di Ukraina dan Irak membebani sentimen pasar. DAX Jerman dan FTSE Inggris bergerak negatif, dengan masing-masing kehilangan 0,9% dan 0,65%. Diikuti oleh CAC40 Perancis yang merosot 0,35%.

Dalam sebuah konferensi pers di AS, Presiden Barack Obama mengatakan telah mengijinkan militer AS untuk melakukan serangan udara dengan target tertentu di Irak sebagai upaya melindungi personelnya. Pernyataan tersebut disampaikan seiring AS memulai upaya untuk pengiriman bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di barat laut Irak.

Ketegangan di Ukraina juga masih menjadi fokus pasar hari Jumat. Anders Fogh Rasmussen, Sekretaris Jenderal NATO, pada hari Kamis mendesak Rusia untuk menarik pasukannya dari perbatasan Ukraina. Sebelumnya Rusia juga telah merespon sanksi Barat dengan memberlakukan larangan impor buah, sayuran, daging, ikan serta produk susu dari AS, Uni Eropa, Australia, Kanada dan Norwegia.

Selain oleh eskalasi ketegangan geopolitik, sentimen pasar juga dibayangi kecemasan tentang kenaikan suku bunga Federal Reserve. Bank sentral AS direncanakan akan memberikan rincian lebih lanjut tentang exit strategy mereka dalam beberapa bulan ke depan.

Dari sisi data, neraca perdagangan Jerman bulan Juni menunjukkan impor tumbuh pada laju tercepat dalam hampir 4-tahun. Defisit perdagangan Inggris juga melebar menyusul kejatuhan ekspor pada bulan Juni. Sementara output industri Perancis bulan Juni berhasil tumbuh melampaui perkiraan. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar