Minggu, 26 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Eropa Tampil Solid Jelang Data Vital

Jumat, 5 Juli 2013 15:47 WIB
Dibaca 396

Monexnews - Bursa saham Eropa terpantau kuat pada sesi perdagangan Jumat (05/07) pasca kinerja positif satu hari sebelumnya. Kewaspadaan tingkat tinggi terlihat jelas jelang rilis data non-farm payrolls beberapa jam ke depan.

Pasar saham Eropa kemarin menguat setelah Bank Sentral Eropa dan Inggris memastikan pelonggaran moneter akan tetap berjalan sampai waktu yang belum ditentukan. Indeks Stoxx 600 naik 0.1% ke 292.49 sekaligus memperpanjang kenaikan 2.3% atau 6.69 poin pada level 292.15 (penguatan terbesar sejak 23 April baik dari sisi poin maupun persentase).Indeks DAX 30 Jerman juga menguat 0.3% ke 8,014.80 dan CAC 40 Prancis flat di 3,809.55. Kenaikan 0.2% dicatat oleh indeks FTSE Inggris yang kini terpantau di 6437.30.

Sentimen positif yang diserap investor kemarin mulai mencair karena pelaku pasar memilih untuk menunggu hasil data non-farm payrolls. Survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar keuangan menghasilkan estimasi angka payrolls Juni sebesar 165.000 atau sekitar 10.000 lebih sedikit dibandingkan catatan bulan Mei. Meski lebih kecil, prediksi tersebut tergolong bagus terhadap upaya pemulihan Amerika dan sesuai dengan cita-cita bank sentral. Apabila sederet data penting lainnya memperlihatkan kemajuan identik, maka makin kuat juga alasan Ben S. Bernanke untuk menghentikan program stimulus lebih cepat dari target awal.

"Perilaku pasar jelang laporan ini biasanya luar biasa. Ada yang membatasi porsi jual namun ada pula yang menahan diri dari posisi beli," ujar Dennis Gartman, investor dan pendiri Gartman Letter kepada CNBC. Payrolls begitu penting karena bisa menentukan arah kebijakan stimulus $85 miliar per bulan yang diberlakukan Bank Sentral Amerika.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar