Kamis, 23 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Eropa Terbebani Angka Pengangguran

Rabu, 8 Januari 2014 18:39 WIB
Dibaca 522

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan melemah pada hari Rabu, menyusul rilis data ekonomi zona Euro yang relatif mixed. Para investor juga cenderung berhati-hati dalam memasuki pasar menjelang pengumuman kebijakan dan konferensi pers European Central Bank besok.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,2% dan 0,15%. Kinerja serupa juga terlihat pada FTSE Inggris, yang telah merosot 0,4% sejauh ini.

Meskipun secara keseluruhan tingkat pengangguran blok Euro masih sesuai harapan, dengan bertahan di level 12,1%, angka pengangguran Italia justru menorehkan rekor tertinggi baru di 12,7%. Sementara angka yang lebih menjanjikan datang dari data penjualan ritel, yang membukukan kenaikan bulanan terkuat dalam 12 tahun terakhir dengan tumbuh 1,4% pada bulan November.

Data ekonomi mixed ini dirilis sehari sebelum ECB mengumumkan kebijakan moneter terbarunya. Sebagian besar pelaku pasar berharap bank sentral Eropa akan mengumumkan sebuah program stimulus, menyusul kembali melemahnya laju inflasi pada akhir tahun lalu. Estimasi awal Eurostat yang dirilis kemarin menunjukkan inflasi harga konsumen tumbuh pada kecepatan tahunan 0,8% di bulan Desember, lebih lambat dari 0,9% pada bulan November. Sebelumnya, perlambatan inflasi tahunan pada bulan Oktober telah memaksa ECB memangkas suku bunga acuan ke rekor terendah baru 0,25%.

Di luar itu semua, fokus pelaku pasar hari Rabu juga akan tertuju ke laporan ketenagakerjaan ADP dan minutes rapat FOMC bulan Desember. Ke-2 data tersebut diharapkan akan dapat memberikan sinyal lebih lanjut tentang seberapa cepat Federal Reserve akan melakukan tapering pada tahun 2014. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar