Rabu, 18 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Hang Seng & Shanghai Unggul Di Pasar Asia

Selasa, 28 Oktober 2014 11:31 WIB
Dibaca 463

Monexnews - 

Secara umum pasar Asia mengalami tekanan di hari Selasa akibat aksi jual mewarnai sektor energi termasuk sektor logam dan mineral menyusul anjloknya harga minyak mentah dunia yang dikombinasi oleh kegelisahan menjelang dimulainya rapat Federal Reserve AS nanti malam.

Harga minyak mentah dunia kembali merosot ke kisaran $ 80 per barel di perdagangan sesi Asia, setelah sebelumnya jatuh ke level terendah dalam 28-bulan terakhir pada area $ 79,44. Merosotnya harga minyak tersebut juga berdampak terhadap Wall Street yang berakhir hanya flat setelah mencatat rally mingguan terbesar tahun ini di hari Jumat lalu.

Fokus investor di pasar Asia kini tertuju ke rapat Federal Reserve AS (the Fed) yang akan berlangsung selama 2 hari dan akan mulai digelar pada malam ini. Bank sentral dipastikan akan mengakhiri program pelonggaran kuantitatif (quantitative easing) saat merilis pernyataannya di hari Rabu.

Dengan berakhirnya program pembelian aset, kini spekulasi pasar mulai beralih ke prospek suku bunga AS kedepan sekaligus menjadi pusat perhatian di dunia keuangan.

Di pasar Jepang, indeks Nikkei tergerus oleh nilai tukar yen hari ini yang menurun di bawah level 108 versus dollar AS, meskipun data domestik retail sales mencatat kenaikkan tajam. Sedangkan indeks KOSPI - Korea Selatan tertekan di zona degradasi akibat terbawa suasana aksi jual di pasar Asia serta tergerus oleh data indeks sentimen konsumen Korsel yang menurun.

Sementara indeks bursa Hang Seng justru unggul memimpin penguatan di Asia sekaligus mengalahkan rival-rivalnya berkat termotivasi oleh rally pasar Shanghai China setelah di rilisnya data ‘industrial profits’ China yang mencatat kenaikkan drastis. Data industrial-profits China untuk year on year tercatat mengalami kenaikkan sebesar 0.4% hingga di bulan September. Angka itu naik tajam dari bulan sebelumnya yang tercatat (-0.6%) di Agustus.

Indeks Nikkei Jepang (N225) tercatat melemah (-0.62%) dan indeks KOSPI - Korsel tergerus (-0.29%). Sedangkan indeks utama Hang Seng (.HSI) menguat +0.63% termasuk bursa Shanghai rally hingga +1.19%.
(dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar