Selasa, 26 September 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Nikkei Tertekan Oleh Koreksi Wall Street

Rabu, 10 September 2014 11:37 WIB
Dibaca 565

Monexnews -

Bursa Tokyo - Jepang secara umum tertekan bahkan sempat berkeliaran di zona merah pada perdagangan hari Rabu (10/9), terutama akibat terseret pasar Wall Street yang berakhir negatif semalam terkait kecemasan investor bahwa Federal Reserve AS akan menaikan suku bunga acuan lebih cepat dari perkiraan semula.

Kalangan pelaku pasar di Wall Street melepas posisinya lantaran imbal hasil (yield) U.S Treasury luar negeri dan domestik meningkat tajam.

Kenaikkan yield tersebut terjadi menyusul sebuah survei dari the Fed San Francisco yang mencatat bahwa ekspektasi kalangan investor terhadap kenaikan suku bunga AS jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan para anggota the Fed itu sendiri.

Hal itu mengindikasikan bahwa isu kenaikkan suku bunga, kini telah menjadi wacana di kalangan elite moneter pada bank sentral dalam setiap kali mengadakan rapat. Sehingga hal itu memperkuat dugaan bahwa kenaikkan suku bunga AS akan terealisasi lebih cepat dari jadwal semula.

Namun demikian pelemahan yen (USDJPY) yang masih tertekan di atas kisaran 106 per dollar, mampu membatasi penurunan indeks Nikkei lebih dalam.

Setidaknya tercatat saham TDK Corp. dan Softbank Corp. masing-masing merosot sekitar 1.8%. Selain itu Renesas Electronics Corp. dan Dentsu Inc. sahamnya tergerus sekitar 1.7%. Sedangkan saham Kajima Corp. Melorot (-1.1%).

Sementara saham Japan Display Inc. dan Sharp Corp. masing-masing terkoreksi 2% dan 0.9%. Sumitomo Metal Metal Mining Co. sahamnya juga anjlok hingga 4.8%.

Hingga pukul 11.30 WIB, indeks utama Nikkei (N225) tercatat melemah (-0.13%) dan terkikis (-19.88) poin pada kisaran 15729.27. Sedangkan kurs USDJPY diperdagangkan pada area 106.32 setelah melemah hingga 106.36 terhadap dollar AS, platform Reuters.

 

 

(DaruWibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar