Jumat, 15 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Regional Cetak Laba

Kamis, 10 Januari 2013 11:54 WIB
Dibaca 434

Monexnews -Hampir sebagian besar pasar Asia bergerak naik dengan saham Hong Kong yang melambung akibat rilis data surplus perdagangan China yang berada di atas ekspektasi. Sementara saham Jepang juga menunjukkan kinerja apik dikarenakan pelemahan yen yang masih berlanjut. 

Surplus perdagangan China melesat tajam di bulan Desember senilai $31.6 miliar dibandingkan dengan surplus $19.6 di bulan November, dikarenakan nilai ekspor yang di luar perkiraan meningkat. Ekspor naik 14.1% di bulan Desember dibandingkan dengan periode yang sama setahun lalu, jauh berada di atas estimasi ekspansi 4.6% oleh 16 ekonom. Data perdagangan berhasil menandingi data pinjaman yang mengecewakan dengan pinjaman baru yuan senilai CNY454.3 miliar di bulan Desember dibandingkan dengan perkiraan senilai CNY550 miliar dari suvey Dow Jones. Pasar Hong Kong mengawali hari ini dengan pergerakan naik namun data perdagangan yang dirilis di awal sesi langsung mendongkrak pergerakan pasar dengan Hang Seng yang naik 0.9%. Indeks Shanghai Composite naik 0.2%. Perusahaan China berperforma apik dengan China Unicom naik 2.1%, China Shenhua Energy naik 1.6% dan Bank of Communications naik 1.3%.

Rilis data teranyar berhasil mendongkrak sentimen untuk pasar China. Dalam beberapa bulan ini, pemulihan ekonomi China telah menjadi faktor penggerak utama bagi sentimen pasar setelah negara dengan perekonmian terbesar kedua dunia berhasil menghindari hard landing. Hang Seng +1.4%. Data China selanjutnya yang dinanti pasar dijadwalkan akan dirilis hari Jumat (11/01). Di pasar mata uang, yen terpantau melemah terhadap greenback di Y88.05, dibandingkan dengan Y87.88 hari Rabu malam di New York. Dolar menguat 1% terhadap yen kemarin, membalikkan pelemahan yang terjadi awal pekan ini. Pelemahan yen membuka jalan bagi gain indeks Jepang dengan Nikkei +0.9%. Saham eksportir sekali lagi menjadi saham yang diuntungkan oleh pelemahan valuta terutama sektor otomotif dengan Honda Motor dan Isuzu Motors yang masing-masing naik 2.8% dan 4.0%. Dai-Ichi Life Insurance naik 4.1% dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation +5.2%. Beberapa saham konsumen dan elektronik bergerak naik di Tokyo, diuntungkan dari eksposur media pada Las Vegas Consumer Electronics Show. Sony +2.9% dan Panasonic +3.7%. S&P/ASX 200 Australia naik 0.3%. Kospi naik 0.7% pasca rilis data perdagangan China.

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar