Kamis, 23 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Regional Mix Jelang Musim Earnings

Kamis, 24 Januari 2013 13:12 WIB
Dibaca 458

Monexnews -Pasca rilis data manufaktur China tadi pagi, siang ini pasar Asia bergerak mix. Sementara kinerja saham teknologi regional terimbas rilis earniings Apple yang mengecewakan. Faktor penggerak pasar terbesar di Jepang saat ini adalah hasil pertemuan BoJ yang dinilai tidak sesuai dengan ekspektasi pasar. Keputusan bank sentral menyebabkan indeks terkoreksi hingga 3.9% dalam tiga sesi terakhir. 

Nilai tukar valuta yang mulai bergerak turun berhasil mengangkat Nikkei 0.9%. Dolar di Y89.18, dibandingkan dengan Y88.70 hari Rabu (23/01) malam di New York. Saham eksportir diuntungkan oleh pelemahan yen. Honda Motor naik 1.7% dan saham elektronik Kyocera Corp. +2.9%. Data ekonomi utama pasar Asia hari ini adalah data HSBC preliminary Chinese purchasing managers index untuk bulan Januari yang berimbas sedikit pada saham China meski indeks tercatat naik ke level tinggi 24 bulan ke 51.9 dari angka terakhir di 51.5 di bulan Desember. Angka di atas 50 mengindikasikan terjadinya ekspansi dalam aktifitas manufaktur. Shanghai Composite di bursa China daratan menerima dorongan tambahan dari data ini namun tak berselang lama, indeks kembali terkoreksi 0.1% sementara indeks Hong Kong Hang Seng turun 0.2%. Data tidak banyak membantu, S&P ASX 200 naik hanya 0.4%. Beberapa pasar Asia lain hanya mencatat pergerakan sedikit dalam beberapa sesi terakhir. Investor tengah mencari katalis baru untuk melanjutkan reli yang dimulai sejak bulan September.

"Untuk menjaga penguatan pasar, investor harus melihat outlook earnings yang baik," jelas Matthew Sherwood, kepala analis pasar Perpetual Investments di Sydney. Saat ini, pasar tampaknya ingin terus bergerak naik namun memerlukan katalis kuat." Musim earning Korea Selatan dan Jepang akan segera dimulai. Ini akan memberi peluang bagi investor untuk melihat sejauh mana penguatan won dan pelemahan yen berimbas pada earnings korporat. Hyundai Motor, produsen mobil terbesar Korea Selatan dijadwalkan akan melaporkan earnings di hari Kamis dilanjutkann oleh perusahaan teknologi raksasa lokal Samsung Electronics di hari Jumat. Di Jepang, musim earnings dimulai hari Rabu dimulai dengan Canon Corp. dan Sumitomo Mitsui Financial Group. Pemasok Apple turut terkoreksi pasca rilis earnings Apple yang mencetak angka flat untuk kali pertama dalam beberapa tahun ini. LG Display -1.9% di Seoul, dan Hon Hai Precision Industry turun 2.7% di Taiwan. Kospi Korea Selatan turun 0.6%, sementara Taiex Taiwan turun 0.4%. 

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar