Minggu, 22 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Saham Asia Melemah, Dipimpin Oleh Shanghai

Jumat, 3 Juli 2015 14:21 WIB
Dibaca 654

Monexnews - Bursa saham China memperpanjang drama aksi jual mereka di hari Jumat, dengan indeks Shanghai Composite melemah sekitar 7% pada sesi sebelumnya.

Sementara itu bursa saham lainnya di kawasan Asia, juga melemah karena sentimen buruk setelah data kerja AS yang pesimis dan juga karena semakin tidak pastinya hasil referendum Yunani pada hari Minggu nanti.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras telah mendesak negaranya untuk menolak bailout dalam menyuarakan “tidak” dalam referendum, itu dapat memicu negaranya keluar dari zona Euro. Satu-satunya survey yang dirilis sejak referendum diumumkan pada hari Sabtu lalu menunjukkan bahwa suara untuk “tidak” memimpin hasil survey, namun turun tajam setelah pengumuman bahwa bank di Yunani akan ditutup.

Bursa saham Shanghai turun tajam ke wilayah negatif, setelah sempat pulih pada awal sesi siang. Kerugian yang hilang hampir 1% adalah pemulihan terbesar dari kejatuhan 7% pada sesi sebelumnya, yang menandai indeks berada di level terlemah sejak 1 April.

Pasar saat ini turun sekitar 27% dari level puncak yang dicapai pada 27 Juni, bergerak kuat di wilayah bearish, meskipun ada upaya yang intensif dari otoritas untuk menaikan kepercayaan investor.

Para analis menghubungkan kekacauan di pasar karena berita bahwa China Securities Regulatory Commission (CSRC) telah membentuk sebuah tim untuk mencari “petunjuk manipulasi illegal di seluruh pasar.”

Sementara itu di Jepang indeks Nikkei 225  berakhir dengan sedikit di atas flatline, mengurangi kerugian sebelumnya,  seiring penguatan besar di sektor perbankan membantu imbangi penurunan hampir 4% di saham Fast Retailing.

Saham Fast Retailing, yang dimiliki oleh pemilik merek pakaian Uniqlo, terluka oleh penurunan penjualan di toko yang sama sekitar 11.7% di bulan Juni.

Saham Sumitomo Mitsui Financial Group melonjak sebesar 2.3% dibalik sebuah laporan yang mengatakan bahwa mereka akan membuat target pada musim gugur  untuk mengurangi kepemilikan saham yang bersebrangan. Berita tersebut juga berikan penguatan terhadap saham perbankan lainnya, seperti saham Mizuho Financial dan Mistubishi UFJ Financial Group yang ditutup naik 2.4% dan 1.2% untuk masing-masing

Saham produsen robot Fanuc juga membantu untuk membatasi kerugian indeks dengan kenaikan 1.4%.

Indeks saham Korea Selatan, Kospi akhiri penguatan selama tiga sesi beruntun dengan pelemahan moderat dari level penutupan tertinggi pada hari Kamis.

Kerugian besar diantara saham blue chip membebani bursa pada hari terakhir perdagangan pekan ini. Saham Samsung Electronics ditutup melemah 2.4% menjelang pedoman earnings pada pekan depan, sementara itu saham Hyundai Motor dan Posco melorot 0.4% dan 1.1% untuk masing-masing.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar