Kamis, 21 September 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Saham Eropa Menghijau Karena Ekspektasi Stimulus ECB

Selasa, 20 Januari 2015 0:39 WIB
Dibaca 530

Monexnews - Bursa saham dan obligasi Eropa menguat pada hari Senin karena investor yakin bahwa ECB akan luncurkan paket pembelian obligasi pada pekan ini untuk memerangi deflasi dan bangkitkan pertumbuhan, mengabaikan penurunan tajam di bursa saham China yang terjadi sejak Juni 2008.

Antisipasi dari tindakan  European Central Bank yang akan umumkan pelonggaran kuantitatif, seperti pencetakan uang pada pertemuan kebijakan pada hari Kamis telah mendorong yield obligasi pemerintah dari beberapa negara anggota zona Euro ke level terendah baru, sementara itu bursa sahan Jerman mencapai level tertinggi baru.

Dalam jajak pendapat Reuters pada hari Senin menunjukkan bahwa 18 dari 20 trader perkirakan ECB akan umumkan program QE sebesar 600 milyar euro pada pekan ini.

Sentimen positif dari QE kemungkinan akan terhalang dengan serba ketidakpastian menjelang pemilu Yunani pada hari Minggu mendatang, yang hasil survei sementara menunjukan partai Syriza yang anti bailout akan menang, tapi tidak dapat mengendalikan negara secara mayoritas.

"Pelonggaran kuantittatif sedang dalam jalurnya," kata Jean-Louis Cussac, kepala analis di Perceval Finance di Paris. "Secara keseluruhan ada bias positif di pasar menjelang pertemuan ECB, namun pasar sangat volatile dan ada pertanyaan besar pada potensi penguatan di masa mendatang."

Resikonya yaitu termasuk dari Yunani dan China, selain itu hambatan juga masih terus ada dari keputusan mengejutkan dari Swiss National Bank pada pekan lalu yang menghapus batasan nilai tukar franc.

Likuiditas lebih tipis dari biasanya, dengan pasar AS ditutup untuk hari libur Martin Luther King Day.

Bursa saham DAX 30 Jerman naik sebesar 0.73% menjadi 10,242.35, indeks CAC 40 Perancis menguat 0.35% menjadi  4,394.93 dan indeks FTSE 100 Inggris melejit 0.54% menjadi 6,585.53.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar