Minggu, 17 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Bursa Sydney & Aussie Terpukul Data China

Senin, 1 Juli 2013 11:17 WIB
Dibaca 518

Monexnews - Kekhawatiran yang besar terhadap perlambatan di China kembali memukul sektor ekuitas Australia hari ini (1/7) mengingat China merupakan mitra dagang terbesar bagi Sydney sehingga banyak indeks saham utama di Sydney yang berbasis sumber daya bergantung pada pertumbuhan ekspor negeri tirai bambu.

Kekhawatiran itu muncul setelah data aktivitas manufaktur China bulan Juni kembali mengalami penyusutan. Dan efek dari kekhawatiran tersebut membuat dollar Australia (Aussie) terpuruk hingga ke level terendahnya hampir dalam tiga tahun terakhir terhadap greenback (USD) pada level $.09105 di sesi pagi perdagangan Asia dan langsung membebani saham sektor perbankan.

Di lantai bursa Sydney tercatat semua 4 bank besar Australia - "the Big 4", masing-masing jatuh sekitar 2 persen, sementara Macquarie Group terpuruk lebih dari 3 persen. Sedangkan saham Boart Longyear tumbang lebih dari 4 persen setelah pihaknya memangkas proyeksi pendapatan tahun 2013.

Kalangan investor di Australia bahkan nampak mengabaikan rilis data manufaktur Australia yang menunjukkan kenaikkan modest di bulan Juni dengan sektor industri utama mendekati teritori ekspansi untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir. Indeks manufaktur yang di himpun oleh Australian Industry Group's (AIG) menunjukkan kenaikkan sebesar 5.8 poin ke level 49.6 di bulan Juni dari indeks sebelumnya di level 43.8 pada bulan Mei.

Dan indeks tersebut telah mencatatkan kenaikkan hampir 13 poin dalam dua bulan terakhir, meskipun ditengah sinyal pemangkasan suku bunga serta penurunan tajam dolar Australia yang mungkin dapat membantu meningkatkan sektor ini. Namun demikian, kenaikan itu masih belum cukup untuk mengimbangi kekhawatiran gejolak ekonomi yang belum stabil yang masih bergantung pada sektor sumber daya yang terus melambat.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar