Jumat, 26 Mei 2017

breaking-news Klaim Pengangguran AS naik ke 234K pekan lalu,sebelumnya 232K, perkiraan 238K

stock-index  Stock Index

Bursa Wall Street Ditutup, Yield Obligasi dan Dollar Menunjukkan Pesimisme

Jumat, 4 Juli 2014 19:41 WIB
Dibaca 574

Monexnews -

Market US yang ditutup libur independence Day 4 July mengindikasikan bahwa bursa Wall Street tidak akan mencetak level rekor tinggi baru.

Bagaimanapun mengikuti pergerakan saham global yang menunjukkan penurunan volum transaksi menunjukkan bahwa reli di pasar saham global tidak terlalu impresif meskipun mendapatkan konfirmasi data tenaga kerja non farm payrolls AS yang solid.

Malah sebaliknya pergerakan yield obligasi AS pada tenor 10-tahun cukup stabil di level 2.64%, seolah olah data nonfarm payrolls tidak dirlis positif. Pergerakan di pasar obligasi AS ini mencerminkan sebagian investor masih tidak setuju dengan optimisme pemulihan ekonomi seperti yang tampak pada pergerakan indeks Dow Jones dan S&P500 sebelumnya yang melejit ke level rekor tinggi.

Alhasil penguatan Dollar AS cukup mengecewakan, karena valuta Dollar hanya mampu menguat tipis terhadap berbagai mata uang utama, selain itu pelemahan mata uang negara emerging vs Dollar juga tidak tampak menyuluruh.

Fenomena ini menunjukkan keraguan pada data tenaga kerja AS yang dirilis, meski laporan nonfarm payrolls tidak diragukan lagi sangat positif, naik ke 288,000 diatas estimasi 215,000 dengan tingkat pengangguran turun ke 6.1% dibawah perkiraan 6.3%. Namun indikator average hourly earnings hanya tumbuh 2.0% YoY, menunjukkan bahwa pengupahan masih dibawah produktivitas sehingga menjadi alasan bahwa tingkat suku bunga riil sulit untuk dinaikkan diatas 1%.

Tingkat suku bunga riil yang cenderung lebih rendah daripada normal tersebut tentunya masih kondusif untuk korporat dan arus kredit, namun berdampak negatif untuk imbal hasil obligasi dan valuta Dollar. Oleh sebab itu pergerakan di pasar obligasi dan Dollar AS sulit untuk menandingi penguatan bursa saham AS berjangka.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar