Sabtu, 23 September 2017

stock-index  Stock Index

Data China & Domestik Menggerus Penguatan KOSPI

Senin, 2 Februari 2015 12:19 WIB
Dibaca 705

Monexnews - Sempat menguat, bursa saham Korea Selatan harus berbalik merugi pada hari Senin seiring sentimen investor tergerus oleh data ekonomi China dan domestik yang mengecewakan. Indeks KOSPI terpantau melemah sekitar 0,2% sejauh ini.

Data resmi China yang dirilis akhir pekan lalu menunjukkan aktivitas sektor manufaktur kembali ke level kontraksi pada awal tahun, turun menjadi 49,8 dari 50,1 pada bulan Desember.

Di dalam negeri, ekspor Korsel bulan Januari dilaporkan turun 0,4% dari tahun sebelumnya menjadi $45,37 milyar. Yang menambah tekanan pada Bank of Korea untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut guna memacu pertumbuhan. Kementerian Perdagangan sendiri menilai penurunan angka ekspor lebih disebabkan oleh kejatuhan harga minyak dunia, yang menggerus nilai pengiriman ekspor Korsel ke Rusia dan Timur Tengah. Sementara impor merosot 11% dari tahun sebelumnya menjadi $39,84 milyar.

Di lantai bursa, penguatan harga minyak pada hari Jumat lalu mampu menghadirkan dorongan bagi perusahaan-perusahaan terkait minyak, dengan saham SK Innovation dan S-Oil melonjak masing-masing sekitar 5% dan 2%. Namun kinerja apik itu masih terimbangi oleh penurunan lebih dari 1% pada saham LG Electronics, pasca melaporkan laba kuartal Oktober-Desember yang lebih dari perkiraan. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar