Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

stock-index  Stock Index

Data PMI Coba Meredam Pelemahan Bursa Eropa

Kamis, 20 Juni 2013 16:51 WIB
Dibaca 540

Monexnews - Sebagian saham Eropa beranjak menjauhi level terendah sesi pada hari Kamis pasca serangkaian data bisnis zona Euro yang lebih baik dari ekspektasi. Namun meningkatnya potensi pengurangan stimulus moneter di AS dan lemahnya data ekonomi China masih menempatkan sentimen pasar di bawah tekanan.

DAX Jerman dan CAC Perancis masih tertahan di teritori negatif, dengan masing-masing kehilangan 2% dan 2,05%. Begitu pula dengan FTSE Inggris yang terpantau melemah 1,9% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Beberapa data ekonomi zona Euro yang baru saja dirilis menunjukkan PMI komposit zona Euro, yang mengukur aktivitas bisnis, naik menjadi 48,9 pada bulan Juni dari 48,1 pada bulan sebelumnya. PMI komposit Jerman juga mencatat kenaikan menjadi 50,9 dari 49,9 pada bulan Mei. Di Perancis, PMI komposit naik menjadi 46,8 dari 44,6 pada bulan lalu.

Pada hari ini para Menteri Eropa dijadwalkan untuk melangsungkan pertemuan guna membahas langkah-langkah yang akan memungkinkan bank-bank Eropa memperoleh rekapitalisasi secara langsung guna menghindari kejatuhan. Para menteri dari 17 negara anggota blok-Euro juga akan menetapkan pedoman tentang kontribusi pemerintah terhadap fasilitas bantuan darurat tersebut dan persyaratan bailout untuk perbankan.

Bagaimanapun, sentimen pasar hari Kamis masih berada di bawah tekanan jual yang kuat menyusul komentar Ketua Fed Ben Bernanke semalam. Dalam konferensi pers yang digelar pasca pengumuman keputusan kebijakan bank sentral AS, Bernanke mengatakan jika terus membaiknya ekonomi AS telah membuka peluang bagi bank sentral untuk mulai mengurangi laju pembelian $85 milyar obligasi per bulan menjelang akhir tahun 2013 dan mungkin mengakhirinya pada tahun 2014. Sebelumnya, likuiditas ekstra yang digelontorkan oleh Fed telah menjadi pemicu utama rally saham sejak awal tahun ini.

Sentimen bearish di pasar turut diperburuk oleh laporan aktivitas manufaktur China versi HSBC, yang menunjukkan penurunan ke level terendah 9-bulan pada bulan Juni. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar