Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Deal Shell-BG Group Hijaukan Saham-saham Migas Eropa

Rabu, 8 April 2015 15:39 WIB
Dibaca 1199

Monexnews - Bursa saham Eropa menjangkau posisi tertingginya dalam 15 tahun terakhir. Saham-saham minyak dan gas melonjak tajam menyusul berita akuisisi BG Group oleh raksasa minyak Belanda, Royal Dutch Shell. 

Saham-saham migas di indeks Stoxx Europe 600 menguat 5,5% di awal sesi pasca kabar pembelian BG oleh Shell dengan total transaksi mencapai GBP47 miliar ($69,6 miliar). Secara keseluruhan, indeks Stoxx Europe 600 menguat 0,2% setelah ditutup pada posisi terbaiknya sejak tahun 2000. Sepanjang tahun ini saja, indeks utama Eropa itu sudah meraup kenaikan 18% berkat berbagai sentimen positif, khususnya pelonggaran moneter yang dilakukan oleh European Central Bank (ECB). Terlepas dari kinerja apik yang dicatat hari ini, sektor energi sendiri masih ketinggalan arus penguatan dibandingkan indeks utama seiring dengan penurunan harga minyak sejak pertengahan tahun lalu.

Investasi yang dilakukan Shell ke BG menjadi isyarat bahwa prospek bisnis di sektor migas masih menjanjikan terlepas dari trend pelemahan harga komoditas hasil bumi. BG sendiri merupakan produsen gas dengan nilai pasar mencapai 31 miliar Poundsterling atau setara $46 miliar. Akuisisi ini menandai dicapainya salah satu transaksi bisnis terbesar di dunia untuk tahun 2015. Terlebih sudah jarang ada mega-deal di sektor energi dalam beberapa tahun terakhir, khususnya setelah harga minyak anjlok tajam. Di kuartal I saja, kesepakatan bisnis di industri migas hanya mencapai $19,1 miliar (data Dealogic). Sebenarnya bisa dibilang gairah investasi tahun ini masih lebih bagus dibandingkan 3 bulan pertama tahun lalu karena jika diakumulasi untuk seluruh sektor bisnis, nilai merjer dan akuisisi justru naik 24% dibandingkan kuartal I tahun lalu dengan nilai $874,1 miliar di seluruh dunia. Meskipun Stoxx menguat, indeks DAX Jerman justru terpantau melemah 0,2%. Sementara CAC 40 Prancis merangkai kenaikan 0,1% di awal sesi. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar