Minggu, 28 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Di Asia Hang Seng Masih Ungguli Rivalnya

Senin, 28 Januari 2013 11:40 WIB
Dibaca 283

Monexnews - Hingga sesi siang di awal pekan ini (Senin, 28/01) bursa Asia secara umum bergerak variatif dimana indeks Kospi - Korea Selatan nampak terlihat terkoreksi di kisaran negatif sedangkan bursa Hong Kong tecatat di angka positif.

Sementara indeks Nikkei - Jepang hari ini justru berhasil menembus ke atas level 11,000 yang merupakan level tertinggi dalam 32 bulan terakhir teruama berkat pelemahan Yen yang mencatat hingga ke angka 91.25. Selain itu, rebound bursa Tokyo ini juga tertopang oleh penguatan Wall Street di akhir pekan lalu dimana indeks S&P 500 berakhir di tutup di atas level 1500 dan merupakan rally terpanjang sejak November 2004 silam.

Seluruh bursa utama di Amerika mengalami penguatan mingguan ke 4 beruntun berkat terdongkrak oleh laporan keuangan korporasi yang membaik di atas ekspektasi. Di awal sesi perdagangan, indeks Nikkei sempat melejit hingga level 11002.89, setelah akhirnya terkoreksi -0.57% ke ksiaran 10864.08 atau -62.57 poin, sementara Nikkei kontrak berjangka turut merosot sebanyak -45 poin ke level area 10865 setelah mencatat level tertinggi 11015 di sesi pagi.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan terpantau melanjutkan pelemahannya di awal pekan ini setelah indeks ditutup pada kisaran rendah dalam 8 minggu terakhir di hari Jumat lalu terutama karena terpengaruh oleh pelemahan Yen serta kekhawatiran terhadap laporan ‘earnings’ kuartal-4. Bagi investor Korea Selatan, pelemahan yen akan mengganggu prospek ekspor ke luar negeri karena akan kalah bersaing dengan eksportir Jepang seiring mata uangnya melemah sehingga produknya otomatis akan lebih murah dan lebih laku di pasar. Tercatat raksasa Samsung Electronics merosot 1.9 persen ketika masih di awal perdagangan setelah menyentuh penutupan terendahnya sejak 30 November di hari Jumat lalu.

Sementara indeks Hang Seng nampak rebound 0.46% di kisaran 23,688.65 setelah di awal sesi melejit hingga menyentuh level 23,736.02, yang merupakan level intraday tertinggi sejak 3 Mei, 2011. Rally Hang Seng terutama terpicu oleh penguatan bursa Wall St. akhir pekan lalu serta rally indeks saham-A Hong Kong hari ini serta penguatan indeks Shanghai Composite yang saat ini terpantau menguat lebih dari 1%. Selain itu, rally Hang Seng juga terbantu oleh gain 2 persen yang didapat oleh taipan Hong Kong – Wharf Holdings dan blue-chip konsumer China Hengan International.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar