Senin, 27 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Di Asia, Nikkei Berbalik Arah Berkat BOJ

Kamis, 4 April 2013 12:16 WIB
Dibaca 399

Monexnews - Bursa Asia secara umum mengalami koreksi di perdagangan hari Kamis (4/4) terutama karena terseret turun oleh bursa Wall Street yang berakhir melemah semalam akibat data-data ekonomi Amerika yang dirilis muncul lebih lemah dari perkiraan.

Lemahnya fundamental tersebut memicu kekhawatiran bahwa laporan tenaga kerja Amerika yang akan rilis akhir pekan ini akan memberikan sinyal melambatnya pertumbuhan ekonomi negeri Paman Sam. Laporan ekonomi semalam menunjukkan angka perekrutan pekerja sektor swasta Amerika menurun menjadi 158000 di bulan Maret, lebih rendah dari ekspektasi 200.000 dan lebih rendah dari bulan sebelumnya di angka 237.000. Sementara indeks sektor jasa Amerika juga merosot ke angka 54.4 dari sebelumnya 56.0.

Sentimen investor di Asia juga terganggu oleh kekhawatiran terhadap eskalasi ketegangan di semenanjung Korea. Amerika Serikat menyatakan di hari Rabu, bahwa pihaknya akan segera mengirimkan sistem pertahanan rudal ke Guam untuk menghadang serangan dari Korea Utara bila terjadi perang. Langkah pihak militer AS tersebut dilontarkan tidak lama setelah Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan ansisipasinya terhadap bahaya ‘real and clear’ "nyata dan jelas" dari militer Pyongyang.

Namun indeks utama Nikkei – Jepang (N225) mampu bangkit dari keterpurukan setelah Bank Sentral Jepang (BOJ) mengumumkan kebijakan langkah kuantitatif dan kualitatif yang sangat memuaskan bagi pasar. Bursa Tokyo menyambut gembira kebijakan tersebut dan langsung pulih dari keterpurukannya sebesar -1.7% menjadi kini berkisar menguat +0.52% atau sebanyak +64.64 poin di area 12462.80.

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar