Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

stock-index  Stock Index

Dibayangi Krisis Anggaran AS, Bursa Eropa Bergerak Mixed

Kamis, 3 Oktober 2013 18:19 WIB
Dibaca 458

Monexnews - Saham-saham di bursa utama Eropa bergerak mixed pada hari Kamis seiring shutdown pemerintah AS memasuki hari ke-3, sehingga mengikis risk appetite para investor. Kekhawatiran tentang dampak dari penutupan sebagian pemerintahan AS terhadap perekonomian juga meredam optimisme yang dihadirkan oleh data ekonomi China terbaru.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,1% dan 0,4%. Sedangkan FTSE Inggris mampu bertahan di teritori positif, dengan mengemas kenaikan 0,3%, setelah rilis indeks aktivitas sektor jasa yang lebih baik dari ekspektasi.

Kendati gagal mengangkat mood pasar secara keseluruhan, data ekonomi China yang positif telah memicu penguatan saham-saham sektor pertambangan. Laporan pemerintah China tadi pagi menunjukkan PMI non-manufaktur melonjak ke level tertinggi 6-bulan menjadi 55.4 pada bulan September dari 53.9 pada bulan sebelumnya, yang mendorong optimisme terhadap pemulihan ekonomi terbesar ke-2 di dunia itu.

Perkembangan terbaru dari krisis anggaran di AS memperlihatkan jika pertemuan antara Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin Kongres yang berlangsung Rabu malam masih gagal menghasilkan kesepakatan jangka pendek. Selain itu, Kongres juga harus segera menyelesaikan pembahasan tentang plafon hutang AS, yang harus ditingkatkan sebelum 17 Oktober untuk menghindari default.

Sementara kecemasan tentang kisruh politik di Italia berangsur-angsur mereda setelah PM Enrico Letta berhasil memenangkan mosi kepercayaan pada hari kemarin, menyusul langkah mengejutkan Silvio Berlusconi yang berbalik mendukung pemerintah. Pada akhir pekan lalu pasar sempat terguncang oleh keputusan Berlusconi untuk menarik 5 menteri partai People of Liberty yang dipimpinnya dari kabinet pemerintahan Italia.

Dari sisi fundamental, angka penjualan ritel zona Euro berhasil melampaui ekspektasi kenaikan 0,2% dengan mencatat pertumbuhan 0,7% pada bulan Agustus. Indeks aktivitas jasa blok 17-negara juga mengalami kenaikan menjadi 52,2 pada bulan lalu dari 50,7 pada bulan Agustus. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar