Kamis, 19 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Pasar Eropa Terpukul Oleh Downgrade Perancis

Jumat, 8 November 2013 16:49 WIB
Dibaca 518

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Kamis setelah lembaga pemeringkat Standard & Poor’s memangkas rating kredit Perancis, sehingga memperburuk mood investor yang telah terpukul oleh data pertumbuhan ekonomi AS pada hari sebelumnya. Beberapa laporan ekonomi dan earnings dari kawasan Eropa yang positif nampaknya juga tidak mampu mengikis sentimen negatif pasar, beberapa jam menjelang rilis data ketenagakerjaan krusial AS.

DAX Jerman merosot lebih dari 0,5% meskipun data yang dirilis hari Jumat menunjukkan surplus perdagangan ekonomi terbesar di Eropa meningkat pada bulan September, menyusul berlanjutnya pemulihan sektor ekspor. Pergerakan negatif juga terlihat pada CAC40 Perancis dan FTSE Inggris, yang masing-masing harus kehilangan 0,7% dan 0,3% sejauh ini.

Standard & Poor’s secara mengejutkan menurunkan peringkat hutang jangka panjang Perancis menjadi ‘AA’ dari sebelumnya ‘AA+’, menyusul bertambahnya kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi terbesar ke-2 di Eropa itu. Lembaga pemeringkat ini beralasan bahwa reformasi pemerintah pada sektor pajak, seperti halnya pada pasar tenaga kerja dan juga pasar lainnya, secara substansial dinilai telah gagal mendongkrak prospek jangka menengah Perancis.

Sentimen pasar Eropa pada hari Jumat juga terseret oleh sentimen negatif pasar global menyusul pertumbuhah ekonomi mengesankan yang diperlihatkan AS. GDP AS dilaporkan tumbuh 2,8% pada kuartal ke-3 setelah tumbuh 2,5% pada kuartal sebelumnya, yang memperbesar kans bagi Federal Reserve untuk mulai melancarkan tapering program stimulus mereka pada akhir tahun ini. Spekulasi pengurangan stimulus Fed berpotensi kian menguat jika data Non Farm Payrolls yang dirilis pada pukul 20.30 WIB nanti malam mampu menyajikan angka pertumbuhan pekerjaan yang di atas ekspektasi. Ekonomi AS diperkirakan menciptakan 125.000 pekerjaan pada bulan lalu, setelah menambah 148.000 pekerjaan pada bulan September.

Dari sisi earnings, perusahaan asuransi Allianz melaporkan laba kuartal ke-3 naik 6,3% menjadi €1,45 milyar ($1,94 milyar). Angka tersebut berada sedikit di atas ekspektasi laba sebesar €1,41 milyar. International Airlines Group juga berhasil melipatgandakan laba bersih pada kuartal ke-3. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar