Minggu, 24 September 2017

stock-index  Stock Index

Duet Jokowi-JK Kerek Rupiah dan IHSG ke Level Tinggi

Senin, 19 Mei 2014 11:20 WIB
Dibaca 1695

Monexnews - Deklarasi pencalonan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) sebagai capres dan cawapres Indonesia untuk periode 2014-2019 menjadi sentimen utama di pasar keuangan tanah air pagi ini. Indeks saham dan mata uang domestik terkerek ke level tinggi jelang deklarasi keduanya. 

Nilai tukar Rupiah hari ini (Senin 19/05) terpantau menguat ke posisi tertingginya sejak bulan April lalu terhadap Dollar. Valuta Garuda bersandar di level 11.348 per US Dollar di tengah kabar terpilihnya JK sebagai calon wakil presiden Joko Widodo untuk pemilu mendatang. Pelaku pasar memiliki keyakinan tinggi terhadap duet Jokowi dan JK, yang sejauh ini disokong oleh partai besar seperti PDI Perjuangan, PKB, Nasdem dan Hanura.

Sementara euforia serupa terjadi di pasar saham domestik, di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sukses menggapai level tinggi 5,072.94 (data Marketwatch). Sesaat setelah bursa dibuka pagi ini, IHSG sudah langsung naik sebanyak 21,48 poin atau 0.43% ke 5.053,05. Sedangkan indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 5.59 poin (0.65%) ke level 864,45. Optimisme pelaku pasar menyeruak jelang detik-detik akhir masa pendaftaran capres dan cawapres Indonesia. Sebanyak 128 saham mencatat kenaikan dan hanya 24 saham terpantau melemah. Sementara 43 saham tidak bergeming dari posisi pembukaannya hari ini. Indeks diprediksi segera memecah level 5.100 dalam beberapa saat ke depan.

Sama seperti ketika deklarasi Jokowi sebagai calon presiden PDI Perjuangan dulu, kepastian Jusuf Kalla sebagai kandidat wakil presiden disambut baik oleh investor. Meskipun nama pasangan capres dan cawapres baru akan didaftarkan ke KPU siang ini, pelaku pasar memiliki keyakinan yang tinggi terhadap pasangan Jokowi-JK, terutama menyangkut komitmen dan kemampuan keduanya dalam mengelola perekonomian Indonesia. Capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga akan mendeklarasikan wakilnya untuk pilpres mendatang yaitu Hatta Radjasa di tempat berbeda. Namun fokus pelaku pasar lebih tertuju kepada deklarasi duet pasangan Jokowi-JK di Jakarta Pusat.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar