Kamis, 19 Januari 2017

stock-index Stock Index

Eksportir Kembali Bungkam Kospi

Kamis, 20 Juni 2013 12:12 WIB
Dibaca 341

Monexnews - Indeks Kospi – Korea Selatan kembali terdegradasi di kisaran rendahnya sejak November lalu pada perdagangan hari Kamis (20/6) terutama akibat terbebani oleh merosotnya saham-saham eksportir seperti teknologi dan kimia.    

Indeks Kospi tercatat merosot hingga -2.14% atau menurun sebanyak -40.50 poin pada kisaran harga 1847.81. Sedangkan indeks Kospi fut juga ikut melemah hingga -6.10 di area 240.60. Sementara pelemahan yen hari ini turut menggerus eksportir raksasa seperti Samsung Electronics yang merosot hingga 2.5% dan LG Display tumbang lebih dari 3 persen. Kurs yen hari ini ditransaksikan pada kisaran 96.92 setelah sempat terpuruk lemah hingga 97.17 per dollar AS, platform Reuters.

Imbas dari pelemahan yen terhadap dollar AS belakangan ini membuat saham-saham sektor eksportir Korea Selatan terpukul sehingga tak heran bila indeks bursa Seoul – Kospi turut mengalami koreksi tajam sepanjang bulan Juni. Pelemahan mata uang Jepang telah menjadi momok menakutkan belakangan ini karena hal itu memicu eksportir lokal kurang bersaing terhadap rivalnya Jepang di pasar dunia.

Penurunan indeks semakin sulit terbendung seiring munculnya kekhawatiran pasar terhadap isu pengurangan program stimulus moneter oleh Federal Reserve AS (the Fed). Dan efek ketidakpastian isu tersebut langsung menyebar hingga pasar Asia, sehingga tekanan aksi jual masif pun nampak mewarnai mayoritas lantai bursa regional termasuk Kospi.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar