Selasa, 17 Januari 2017

stock-index Stock Index

Eskalasi Geopolitik Membayangi Sentimen Pasar Eropa

Rabu, 28 Agustus 2013 16:58 WIB
Dibaca 513

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan melemah pada hari Rabu seiring investor menghindari aset-aset beresiko, di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang potensi tindakan militer terhadap Suriah.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke teritori negatif, dengan masing-masing kehilangan 0,95% dan 0,25%. Pergerakan serupa juga diperlihatkan FTSE Inggris, yang melemah sekitar 0,55% seiring investor menantikan pidato kebijakan pertama dari Gubernur baru Bank of England, Mark Carney.

Kecemasan atas kemungkinan intevensi militer AS beserta sekutunya di Suriah kian merebak setelah seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa serangan rudal terhadap Suriah mungkin sudah dapat dilakukan paling cepat hari Kamis. Presiden Barack Obama juga dikabarkan telah menghubungi PM Inggris David Cameron sebagai bagian dari konsultasi internasional, untuk menentukan respon yang tepat atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah dalam menghadapi pemberontakan sipil.

Dari Eropa, Kanselir Jerman Angela Merkel menggemparkan pasar dengan mengatakan bahwa Yunani seharusnya tidak diijinkan untuk mengadopsi Euro. Komentar yang mengejutkan itu dilontarkan dalam kampanye pemilu hari Selasa malam, yang menjadi upaya pembuktian Merkel terhadap para calon pemilih bahwa dirinya tetap akan mempertahankan sikap tegas terhadap negara-negara bermasalah. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar