Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news Bank of Canada mempertahankan suku bunga di level 0.50%.

stock-index Stock Index

Eskalasi Geopolitik Penyebab Pasar Asia Anjlok di Akhir Pekan

Jumat, 18 Juli 2014 16:04 WIB
Dibaca 459

Monexnews -

Mayoritas pasar saham Asia anjlok di perdagangan hari Jumat (18/7) setelah muncul kabar bahwa pesawat maskapai penerbangan Malaysia ditembak jatuh di wilayah Ukraina, sedangkan meningkatnya eskalasi di jalur Gaza memicu merosotnya minat berisiko atau risk appetite.

Di hari Kamis, pesawat sipil Malaysia Airlines berpenumpang 298 orang jatuh di wilayah timur Ukraina setelah ditembak oleh sebuah misil darat dari wilayah yang masih diwarnai konflik tersebut. Baik pemerintah Ukraina maupun kelompok separatis pro-Russia hingga saat ini belum ada yang menyatakan bertanggung jawab bahkan mereka saling tuduh atas serangan tersebut.

Sementara kecemasan pasar juga meningkat setelah Israel melancarkan serangan darat terbuka ke kawasan Gaza untuk membalas militan Hamas setelah mereka menembakkan lebih dari 100 roket ke Israel.

Alhasil, mencuatnya eskalasi politik tersebut memicu merosotnya minat-risiko di pasar, namun menyulut permintaan aset safe-haven dan langsung mendorong aksi jual di bursa saham global.

Di pasar China daratan, indeks Hang Seng anjlok setelah data China - home prices menurun di angka tahunan terburuknya sepanjang tahun ini hingga di bulan Juni.

Sedangkan bursa Tokyo terkoreksi setelah minutes dari pertemuan Bank of Japan di Juni lalu memaparkan bahwa tingkat eksport Jepang diproyeksikan hanya akan naik secara moderat (datar) untuk beberapa bulan kedepan. 

Berikut ini adalah hasil penutupan perdagangan untuk sejumlah bursa utama di Asia. Indeks acuan utama Nikkei tumbang (-1.01%), indeks Seoul – KOSPI terkikis (-0.07%) dan indeks Hang Seng Index tergerus (-0.28%).

 

 

(DaruWibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar