Senin, 24 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Fokus Pasar Asia Masih Seputar Krisis Geopolitik

Jumat, 8 Agustus 2014 16:01 WIB
Dibaca 694

Monexnews -

Pasar Asia berjatuhan di perdagangan akhir pekan (Jumat, 8/8) akibat kalangan investor banyak yang beralih ke aset safe-haven terkait merebaknya kecemasan bahwa konflik di Ukraina dan Timur Tengah dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi global.

Sentimen investor kian memburuk setelah Presiden AS Barack Obama menyetujui serangan udara di Irak dalam menjalankan misi kemanusiannya sekaligus menyelamatkan warganya yang terjebak di pinggiran negara Irak.

Di pasar Jepang, Indeks Nikkei ditutup anjlok (-2.98%) ke level terendah sejak 30 Mei lalu setelah data domestik current account bulan Juni tercatat defisit untuk kali pertama dalam 5 bulan. Sentimen kian memburuk akibat investor takut bahwa krisis geopolitik di Ukraina dan Timur Tengah dapat mengikis pertumbuhan global.

Sedangkan bursa Korea Selatan tercatat melemah (-1.14%) ke level rendah dalam 2 pekan terakhir akibat terseret turun oleh sektor automaker menyusul laporan dari ‘Korea Times’ bahwa produsen mobil domestik akan terpukul bila Korsel bergabung dgn pihak Barat dalam mendukung sanksi yang ditujukan ke negara Rusia.

Mayoritas saham produsen mobil dan otomotif tersebut merosot dengan saham Hyundai Motor & KIA Motor masing-masing terkoreksi 1%, sedangkan saham Hyundai Mobis juga tergerus 2%.

Sementara pasar Hong Kong terkikis (-0.23%) terkait investor masih khawatir thd penyusutan sektor perumahan. Namun akhirnya pasar dapat membatasi penurunan tajam karena terbantu oleh data ekspor dan neraca perdagangan China yang apik.  (dar)

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar