Selasa, 17 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Gagal Dipinang Pfizer, Saham AstraZeneca Terkoreksi

Selasa, 27 Mei 2014 15:17 WIB
Dibaca 390

Monexnews - Indeks-indeks saham Eropa memperlihatkan kinerja variatif pada sesi perdagangan hari ini. Stoxx 600 bergerak naik turun setelah kemarin sempat menguat berkat dukungan berita politik.

Indeks FTSE 100 Inggris terpantau menguat 0.3%. Saham Intercontinental Hotels meroket 6.2% setelah pihak direksinya mengaku telah menolak proposal akuisisi senilai $10.2 miliar dari sebuah perusahaan asal Amerika. Adapun indeks CAC 40 Prancis melemah 0.3% dan DAX Jerman terkoreksi 0.1% ke level 9881.66.

Saham yang paling menyita perhatian pelaku pasar Eropa hari ini tak lain adalah AstraZeneca. Saham produsen farmasi asal Inggris itu anjlok 2.6% setelah proses akuisisinya oleh Pfizer Inc pupus di tengah jalan. AstraZeneca terpantau pada posisi 4,227.00 Poundsterling di awal sesi perdagangan Selasa (27/05).

Investor kecewa atas kegagalan pembelian AstraZeneca oleh Pfizer kemarin. Produsen Viagra asal Amerika itu sempat meyakini bahwa tawaran 55 Poundsterling per saham (45% tunai) dengan total transaksi mencapai $120 miliar adalah angka yang pas bagi pemegang saham AstraZeneca. Namun pihak direksi perusahaan Britania itu menganggap angka penawaran belum mencerminkan nilai riil perusahaan. Sebagian besar pemegang saham konon lebih menyukai kalau AstraZeneca berkembang secara mandiri melalui investasi pada proyek pengobatan kanker, infeksi pernapasan dan diabetes. Namun ada pula pengamat yang menilai bahwa kegagalan akuisisi oleh Pfizer hanya disebabkan oleh kecilnya angka penawaran. Perbedaan sekitar 7% antara harga penawaran Pfizer (55 Poundsterling per saham) dan batas terendah versi AstraZeneca (58.85 Poundsterling per saham) diklaim menjadi alasan bagi direksi untuk menolak pinangan Pfizer. Seandainya perusahaan asal Amerika itu mau memenuhi batas terendah harga yang ditetapkan, peluang kesuksesan akuisisi lebih terbuka lebar.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar