Sabtu, 16 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Gelisah Jelang Data GDP, Shanghai Melemah

Senin, 14 April 2014 13:23 WIB
Dibaca 416

Monexnews -

Hingga sesi siang di perdagangan awal pekan (Senin, 14/4) indeks Shanghai terpantau melemah seiring sikap investor nampak gelisah dan khawatir menjelang sederet data fundamental ekonomi China yang akan rilis pada tengah pekan ini. 

Pekan ini fokus pasar terpusat kepada data penting gross domestic product (GDP) kuartal pertama. Namun secara umum, pasar nampak kurang antusias terhadap data tersebut yang sedianya akan tayang pada hari Rabu (16/4). Pasalnya, angka GDP triwulan IV itu diprediksi akan melambat ke level 7.3% dari kuartal sebelumnya 7.7% untuk year to year. Sedangkan untuk kuartalan nya, diproyeksikan menurun 1.4% dari sebelumnya 1.8%.

Kekhawatiran terhadap masalah perlambatan kian diperparah setelah Wakil Menteri Keuangan China - Zhu Guangyao di hari Minggu kemarin (13/4) membenarkan bahwa pihaknya tengah berupaya mengatasi risiko ancaman keuangan dalam menghadapi bahaya hard landing akibat kualitas aset-aset yang buruk. Sehingga untuk itu perlu diambil langkah dan tindakan yang tegas untuk menanggulanginya.

Peringatan Zhu tersebut muncul saat menghadiri pertemuan IMF (Dana Moneter Internasional) di Washington pada akhir pekan lalu (12-13 April). Sementara di lantai bursa, nampak saham sektor keuangan dan broker anjlok setelah perusahaan broker terbesar China Citic Securities sahamnya tumbang hingga lebih dari 3% setelah mengakuisisi saham perusahaan BTIG dari Amerika Serikat.

Sedangkan indeks Shanghai komposit China tercatat melemah (-0.28%) atau tergerus (-6.05) poin pada kisaran 2124.49. (dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar