Selasa, 24 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Hijau, Bursa Regional Terbantu Data Positif

Senin, 4 Februari 2013 13:33 WIB
Dibaca 374

Monexnews -Di hari pertama perdagangan pekan ini, pasar Asia bergerak naik. Penguatan pasar terbantu rilis data perekonomian AS yang positif yang membantu mendorong indeks AS dan membantu bursa Singapura berada di level tertinggi sejak krisis keuangan global. FTSE Straits Times Index, Singapura naik 0.7% ke 3313.57, sedikit di bawah level sesi sebelumya di 3319.19, level tertinggi sejak Januari 2008. "Meski tahun lalu perekonomian Singapura nyaris tidak mengalami perkembangan berarti namun performa ekonomi masih dapat dikatakan bagus," jelas Lorraine Tan, wakil pimpinan S&P Capital Q1 di Singapura. 

Bersama dengan pasar Asia lainnya, bursa Singapura turut terbantu gain Wall Street di hari Jumat (01/02) dimana beberapa saham berada di level tinggi beberapa tahun. Selanjutnya, data pekerja bulan Januari yang sedikit lebih rendah dari perkiraan diimbangi oleh angka revisi kenaikan untuk periode November dan Desember. Sementara angka Institute for Supply Management data manufaktur bulan Januari berhasil melampaui perkiraan. "Momentum perekonomian di AS benar-benar bagus," jelas Khiem Do, kepala Baring Asset Management, Hong Kong. Di Asia, pasar mengantisipasi beberapa rilis data perekonomian. Bank sentral Australia akan menyelesaikan pertemuan kebijakan pertama tahun 2013 pada hari Kamis (07/02) di mana hanya dua dari 16 ekonom yang disurvey Wall Street Journal memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga melihat dari sinyal membaiknya ekonomi global yang memangkas biaya pinjaman.

Pekan ini China akan mulai merilis data perekonomian untuk bulan Januari dengan angka inflasi dan trade balance dijadwalkan akan dirilis Jumat. Yen menguat terhadap dolar AS di awal perdagangan hari Senin. Dolar di Y92.68, dibandingkan dengan dengan Y92.84 hari Jumat (01/02) malam di New York. Saham Jepang bereaksi terhadap penguatan dolar sebesar 1.2% terhadap yen hari Jumat dengan pelemahan valuta menopang gain indeks sebesar 0.6% dan mendorong pasar ke level tinggi 33 bulan. Laporan earnings mempengaruhi pergerakan saham di Tokyo, setelah dua perusahaan listrik Jepang melaporkan earnings kuartal tiga. Panasonic Corp. naik 16.9%. Perusahaan melaporkan pendapatan bersih senilai Y61.4 miliar untuk periode Oktober hingga Desember setelah merugi Y197.6 miliar untuk periode yang sama tahun lalu. Saham Sharp Corp. naik 6.1%, meski perusahaan melaporkan earnings yang meleset dari ekspektasi analis.

Kospi Korea Selatan turun 0.2%, Hyundai Motor -1.2%, dan Kia Motors Corp. -2.1%. S&P/ASX 200 Australia turun 0.1% ke 4915.20, setelah menyentuh level tinggi 21 bulan di 4951.3.

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar