Rabu, 26 Juli 2017

stock-index  Stock Index

IHSG Tertekan Setelah Data Inflasi, Manufaktur

Kamis, 1 Agustus 2013 14:04 WIB
Dibaca 348

Monexnews - Hingga sesi siang di perdagangan hari Kamis (1/8), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Jakarta mengalami koreksi dan bergerak dikisaran negatif setelah di rilisnya sederet data ekonomi Indonesia yang cukup mengecewakan.

Indeks akhirnya harus berkutat terus di area negatif setelah keluar pengumuman tingkat inflasi bulan Juli yang mengalami kenaikkan cukup tinggi. Padahal di awal sesi, IHSG sempat rally hingga 0,26% ke kisaran 4.622,202 karena investor masih melakukan aksi beli selektif lantaran tereret oleh penguatan bursa-bursa di Asia. Dan pernyataan the Fed untuk melanjutkan stimulus ditambah laporan kinerja emiten, turut menjadi faktor pendorong indeks.

Namun setelah di rilisnya data ekonomi, terutama pengumuman inflasi bulan Juli oleh Badan Pusat Statistik (BPS), indeks pun akhirnya terkoreksi. BPS melaporkan laju inflasi bulan Juli 2013 mencapai 3,29% (m/m) dan merupakan level tertinggi sejak tahun 1999. Sedangkan secara tahunan alias year on year, inflasi Juli tahun ini menembus angka 8,61%. Sementara jika dilihat dari awal tahun, atau inflasi tahun kalender mencapai 6,75%. Melambungnya inflasi yang siginifikan ini terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga ikan sebagai bahan makanan dan tarif angkutan yang naik karena mengikuti kenaikan harga BBM.

Sentimen pasar semakin terbebani setelah data aktivitas manufaktur Indonesia bulan Juli yang dikalkulasi oleh HSBC menyusut ke level 50.7 dari bulan sebelumnya di level 51.0. Imbasnya, pelaku pasar merespon tingginya tingkat inflasi ini dengan melepas saham. Alhasil, IHSG langsung jatuh ke zona merah hingga ke posisi terendahnya di level 4.592,093. Di lantai bursa, saham-saham bank kembali jadi sasaran aksi jual. Namun koreksi saham perbankan ini diimbangi oleh penguatan saham-saham komoditas. Hingga sekitar pukul 1400 WIB, indeks tercatat melemah -0.2% di area kisaran 4601.432.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar