Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Indeks Nikkei Futures Masuki Teritori Bearish Long Term

Kamis, 13 Juni 2013 17:13 WIB
Dibaca 367

Monexnews -

Pasar saham di seluruh kawasan kembali terpuruk seiring sentimen pengalihan resiko para investor dari aset berisiko, diikuti pelemahan indeks saham Nikkei Jepang lebih dari 6% dan secara teknikal memasuki teritori bearish long term karena harga telah jatuh lebih dari 20% dari level puncaknya.

Aksi selloff juga tampak di bursa global seperti China, Asia Tenggara dan Eropa akibat ketidakpastian arah kebijakan moneter Federal Reserve dan sinyal pelambatan pertumbuhan di ekonomi negara berkembang.

Kekhawatiran yang menumpuk ini memicu pengalihan resiko ke aset safe haven tradisional seperti Treasury, yen Jepang dan obligasi pemerintah Jepang (JGB), sehingga memicu pengambilan tindakan berbagai menteri keuangan dan bank sentral di kawasan regional untuk menenangkan market.

Kejatuhan saham Eropa sejak sesi perdagangan Eropa memang tidak begitu dalam, namun indeks utama telah merosot lebih dari 1%, sementara yield obligasi Spanyol dan Italia pada tenor 10-tahun merayap naik menjelang hasil lelang obligasi italia.

Faktor sentimen para pelaku pasar yang negatif ini memicu aksi profit taking di seluruh instrumen aset, pergerakan dramatis bahkan tampak di Jepang, dimana Nikkei melemah 6.4% , dan secara keseluruhan telah rontok 21.9% dari level tertinggi nya pada 23 Mei.

Terpantau sejauh ini indeks Nikkei futures melemah -3.08% di level 12,605, setelah meraih titik tertinggi intraday di 13,005 dan level terendah hariannya di 12,405. Kelihatannya Nikkei telah menunda penurunan lebih lanjut dengan memasuki fase konsolidasi minor antara 12400 - 12850, namun kegagaln untuk tutup secara tegar diatas level resisten 12850 menandakan bahwa ada resiko aksi jual lagi yang dapat terjadi dalam waktu dekat ini ke kisaran bawah 12265 - 12400, sehingga lebih bijak untuk buy weakness ketimbang membeli agresif.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar