Selasa, 26 September 2017

stock-index  Stock Index

Indeks Shanghai Dan Hang Seng Anjlok Seiring "Sentimen Kepanikan"

Rabu, 8 Juli 2015 10:51 WIB
Dibaca 1990

Monexnews - Indeks saham China dan Hong Kong terpuruk sejak awal perdagangan walau komisi pengawas perdagangan saham dan institusi finansial mengonfirmasi perannya yang kini langsung aktif di pasar saham. Hari ini China Securities Regulatory Commission (CSRC) mengatakan China Securities Finance Corporation (CSF) ikut aktif dalam pasar saham dengan membeli saham-saham blue-chip berkapitalisasi rendah dan menengah, beralih dari peran tradisional yaitu memberikan pinjaman ke perusahaan broker.

Investor menilai strategi terbaru Beijing sebagai langkah putus asa dalam usaha penyelamatan pasar saham Shanghai Composite yang sejak bulan Juni telah merugi hampir 30%. Adanya risiko market bubble juga membuat investor menarik investasinya dari pasar saham di China. CSRC bahkan memperingatkan adanya "sentimen kepanikan" dalam pasar saham dan peningkatan aksi jual irasional yang mengguncang likuiditas pasar saham di China.

Setidaknya terdapat 1300 perusahaan dalam bursa Shanghai Composite telah membekukan perdagangannya (trading halt) sampai dengan hari Rabu (8/7) seiring kecemasan banyak perusahan pada kejatuhan harga sahamnya. Intervensi pemerintah dalam pasar saham China ini dinilai tidak hanya gagal menstabilkan pasar namun malah memicu sentimen kepanikan pelaku pasar.

Setelah dibuka turun 7%, pada pukul 10:48 WIB indeks Shanghai Composite berada di level 3582.50 atau 3,88% lebih rendah, sementara indeks Hang Seng Futures masih melemah sekitar 4,4% di level 23926. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar