Kamis, 27 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Insiden Hacking Twitter Associated Press Sempat Picu Kepanikan

Rabu, 24 April 2013 15:37 WIB
Dibaca 530

Monexnews -

Insiden peretasan (hacking) akun Twitter resmi milik Associated Press (AP) yang melaporkan bahwa Gedung Putih diguncang dua ledakan dan Presiden Barack Obama terluka seketika sempat menjatuhkan indeks Dow Jones semalam, sekitar pukul 1.08 siang waktu New York sebesar 145 poin dan menimbulkan kerugian sebesar $200 milyar hanya dalam 2 menit akibat aksi panic selling.

Walaupun bursa saham langsung pulih dan kejatuhan itu tertutupi, namun kejadian ini sekaligus menonjolkan titik rawan dalam sistem jual-beli terkomputerisasi (automated trading) di pasar saham Amerika, yang mampu melakukan transaksi saham tanpa keterlibatan manusia.

Beberapa menit kemudian, AP menyatakan tweet itu palsu. Gedung Putih juga mengeluarkan konfirmasi bahwa tidak ada ledakan. Namun, semuanya sudah terlambat bagi para trader yang memakai program automated trading. Program komputer ini mampu membeli dan melepas saham secara otomatis setelah menganalisis kabar berita terbaru, termasuk kicauan dan status di media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Melalui sebuah tweet lain, sekelompok orang yang menyebut dirinya sebagai Syrian Electronic Army mengaku bertanggung jawab atas aksi hacking di akun AP tersebut. Perwakilan AP menyatakan kantor berita itu belum bisa memastikan sumber insiden peretasan tersebut.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar