Sabtu, 23 September 2017

stock-index  Stock Index

Investor Institusi China Borong Saham Hong Kong

Kamis, 9 April 2015 11:56 WIB
Dibaca 1765

Monexnews - Reli tajam indeks saham Hang Seng dua hari terakhir ini cukup mengejutkan pelaku pasar. Indeks saham berjangka Hang Seng telah menguat sekitar 2400 poin dalam dua hari perdagangan terakhir. Reli ini didorong oleh investor pengelola dana (mutual funds) China yang langsung bisa masuk ke bursa Hong Kong tanpa memerlukan persetujuan regulator lagi.

Para pengelola dana ini menggunakan jalur koneksi perdagangan saham Shanghai-Hongkong yang diluncurkan tahun lalu. Sebelumnya para pengelola dana ini hanya bisa masuk ke pasar luar negri melalui program QDII (Qualified domestic Institutional Investor) yang memerlukan persetujuan regulator.

Para investor China memanfaatkan jalur koneksi ini untuk mengambil kesempatan membeli saham-saham perusahaan di bursa Hong Kong yang valuasinya dinilai lebih murah dibandingkan saham-saham sejenis di bursa saham Shanghai. Pada perdagangan Hari Rabu kemarin, investor China memanfaatkan seluruh kuota harian sebesar 10,5 milyar yuan atau sebesar $1,69 milyar untuk membeli saham-saham Hong Kong melalui jalur koneksi tersebut. Sementara pada perdagangan Kamis pagi ini, investor China telah memanfaatkan lebih dari 6 milyar yuan.

Pada akhir Maret lalu, regulator bursa China memberikan akses ke investor institusi (mutual funds) untuk membeli saham-saham Hong Kong via koneksi perdagangan Shanghai Hong Kong. Dan beberapa hari berikutnya, regulator China juga memberikan ijin bagi perusahaan asuransi China untuk membeli saham yang terdaftar di bursa saham GEM (Growth Enterprise Market) Hong Kong. (art)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar