Jumat, 26 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Isu Hutang Merebak Lagi, Shanghai Anjlok

Senin, 29 Juli 2013 12:00 WIB
Dibaca 466

Monexnews - Hingga sesi siang di perdagangan awal pekan (Senin, 29/7), lantai bursa Shanghai China nampak terjepit di bawah level kritis 2000 lantaran aksi jual investor mewarnai sektor perbankan karena khawatir terhadap meningkatnya level hutang pemerintah saat ini.     

Pihak National Audit Office tadi pagi mengumumkan bahwa mereka kini tengah melakukan audit terhadap semua utang pemerintah atas permintaan State Council China. Tercatat sejumlah saham kelas menengah seperti Merchants Bank turun 1,5 persen sedangkan saham Pudong Development Bank dan Minsheng Bank masing-masing anjlok sekitar 2 persen.

Kekecewaan terhadap data ekonomi yang di rilis akhir pekan lalu juga nampak membebani sentimen pasar. Data resmi pemerintah menunjukkan bahwa laba pendapatan industri dan manufaktur negeri China melambat ke angka +6.3% di bulan Juni. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 15.5%. Bahkan sebelumnya, kalangan investor telah terpukul oleh data rilis cepat (flash) dari HSBC yang menunjukkan indeks aktivitas manufaktur PMI merosot ke angka 47.7 dari sebelumnya 48.2. Dan rilis tersebut merupakan angka terlemah dalam 11 bulan terakhir.

Ketakutan pasar yang telah terakumulasi tersebut menyebabkan sikap investor menjadi cenderung pesimis terhadap prospek maupun outlook atas kinerja bursa Shanghai kedepannya. Hari ini indeks utama Shanghai Komposit terpantau melemah (-1.57%) atau tumbang hingga -31.47 poin pada kisaran 1979.38.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar