Sabtu, 21 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Isu Krisis Anggaran Akhiri Trend Penguatan Bursa Eropa

Rabu, 16 Oktober 2013 15:13 WIB
Dibaca 601

Monexnews - Bursa Eropa mengakhiri penguatan selama empat hari berturut-turut pada sesi perdagangan Rabu (16/10). Investor khawatir dengan prospek portofolionya di tengah kontroversi anggaran Amerika Serikat.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan Amerika akan kehilangan akses untuk menggalang dana dari pasar kredit pada tanggal 17 Oktober besok. Namun sampai hari ini, pihak kongres belum juga mengetuk palu resolusi anggaran baru untuk menolong pemerintah. Dengan demikian, maka mulai esok dan seterusnya kementerian hanya bisa menggunakan dana kas dalam jumlah kecil untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Krisis ini hanya akan membuat reputasi Amerika sebagai negara perekonomian terbesar dunia semakin buruk. Mengingat tanggungan hutang nasional akan jatuh tempo pada akhir Oktober mendatang.

Setelah mencatat kenaikan selama empat hari beruntun, bursa Eropa akhirnya merespon negatif dinamika politik di Washington. Seluruh indeks utama dibuka melemah dan berpeluang tutup pada level lebih rendah. Indeks Stoxx 600 dibuka turun 0.3% ke posisi 313.99, setelah tutup pada level terbaiknya dalam sebulan terakhir pada sesi kemarin. Saham Danone SA merosot 3.5% karena perusahaan tersebut memangkas target laba untuk setahun penuh. Saham produsen Louis Vuitton SA anjlok 5.7% pasca hasil laporan penurunan laba kuartal III. Indeks CAC 40 Prancis melemah 0.5% ke 4,235.60. Sementara DAX 30 Jerman naik tipis ke 8,806.89, sekaligus memperpanjang penguatan dari level tertinggi all-time. Di Inggris, FTSE 100 melemah 0.2% ke 6,537.39. Nilai tukar EUR/USD kini terpantau pada posisi 1.3536.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar