Jumat, 20 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Jelang Libur Panjang, Hang Seng Ambruk

Jumat, 7 Juni 2013 15:28 WIB
Dibaca 693

Monexnews - Hingga memasuki sesi II di perdagangan akhir pekan (7/6), indeks Hang Seng nampak terjebak di zona negatif terutama lantaran terseret turun oleh bursa Shanghai China yang merosot hingga menyentuh level rendah baru dalam tiga pekan terakhir seiring sentimen pasar nampak waspada menjelang serangkaian laporan ekonomi pada akhir pekan.

Aktivitas aksi jual kian semarak karena pasar keuangan pada minggu depan akan tutup mulai hari Senin sampai Rabu dan akan kembali di buka normal pada hari Kamis (13/6). Masyarakat Hong Kong dan China akan libur guna merayakan hari 'Dragon Boat'. Sedangkan data inflasi, producer prices, fixed-asset investment dan industrial output bulan Mei akan di rilis sedianya pada hari Sabtu (8/6).

Terpuruknya Hang Seng juga akibat aksi jual masif para investor terkait merebaknya isu rencana pengurangan stimulus moneter oleh Federal Reserve Amerika (the Fed) di semsester II tahun ini, sehingga langsung menimbulkan gejolak reaksi di pasar keuangan Asia. Padahal pengurangan stimulus yang mungkin dilakukan oleh the Fed, efeknya dapat menyebabkan pengetatan likuiditas di negara China dan turut berdampak pada pertumbuhan ekonomi China pada semester II. Selain itu neraca perdagangan China dan arus modal bisa terpengaruh jika the Fed jadi mengurangi program pembelian obligasi, bahkan sektor ekspor China kemungkinan bisa merosot tajam.

Indeks utama Hang Seng berakhir di tutup melemah -1.21% atau -263.17 poin pada level 21575.26. Sedangkan indeks Hang Seng fut terpantau melemah -217 poin pada kisaran 21353. Sementara indeks Shanghai Composite juga melemah -1.39% atau -31.212 poin pada kisaran harga 2210.897.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar